Main Article Content
Abstract
This research is motivated by the issues related to the low ability of students in pronouncing letters, words, or sentences in Arabic, especially for beginner learners, to prevent future errors that may hinder the learning process. This study aims to analyze students' errors in reading Arabic texts from a phonological perspective. It is a qualitative research with a descriptive research design. The results of this research are as follows. Firstly, the phonological error forms in Arabic speaking skills among students of the Siraaj Al-Thalibin Islamic boarding school include errors in throat consonant groups (?????) and tongue groups (??????); vowel errors such as vowel deletion, vowel substitution, and long-short vowel errors; diphthong errors; double consonant errors (????); and assimilation errors (??). Secondly, the factors causing errors in Arabic language speaking skills include linguistic and non-linguistic factors. Non-linguistic factors such as low interest and motivation in language learning, and lack of application of the Arabic language.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amriani, Amriani, ‘PENGARUH ILMU ASHWAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) DI IAIM SINJAI’ (INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI, 2020)
- Amrulloh, Muhammad Afif, ‘Fonologi Bahasa Arab (Tinjauan Deskriptif Fonem Bahasa Arab)’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8.1 (2020), 1–13
- Aslamiyah, Aslamiyah, ‘Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2.1 (2022), 1141–50
- Hermawan, Acep, ‘Metodologi Pengajaran Bahasa Arab’, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
- Munawwir, Achmad Warson, and Ahmad Warson Munawwir, ‘Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap’, 1997
- Nasikin, Moh, and Irza Hidayatullah Suparmanto, ‘STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AL-ASHWAT DI DALAM
- MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM’
- Ni’mah, Khoirotun, ‘ILMU ASHWAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 16.1 (2024), 39–48
- Nuril Mufidah, Khonsa Fillah Attaqi, Hasyim Amrulloh, ‘PERAN PEMAHAMAN MAHARAH KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK)’, 2022, 700–708
- Puspita, Rani, and Yuliani Yuliani, ‘Penerapan Metode Fun Ashwat Dalam Meningkatkan Kualitas Ashwat Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini’, Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1.18 (2021), 110–25
- Rusady, Achmad Tito, and Anisatu Thoyyibah, ‘PELATIHAN TAHSIN SURAT AL FATIHAH BERBASIS ILMUL ASHWAT DAN ILMU TAJWID UNTUK PEMUDA MASJID IHYAUL QULUB, KARANGPLOSO, KABUPATEN MALANG.’, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12.4 (2023), 513–17
- Shidiqiyah, Firstiyana Romadlon Ash, and Firstiyana Romadlon, ‘Aliran Sastra Arab Klasik Sebagai Respon Atas Modernisasi Arab: Kajian Historis’, Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 5.01 (2022), 111–22
- Sholihin, Muhammad Nur, ‘Peran Ilmu Al-Ashwat Dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan)’, SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3.2 (2020), 110–27
- Sikana, Arina Mana, Antoni Agus Nugroho, and Pasiyah Tahe, ‘Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto’, Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3.1 (2021), 74–81
- Umroh, Ida Latifatul, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab’, Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5.2 (2018), 68–92
- Wijaya, Mualim, and Nanda Devi Oktaviani, ‘Analisis Kesalahan Kalam Bahasa Arab Pada Peserta Didik Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (Lpba) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo’, ????????? (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 12.1 (2022), 136 <https://doi.org/10.22373/ls.v12i1.13379>
- Wulandari, Nawang, ‘Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab’, Jurnal Al-Fathin, 3.1 (2020), 71–84
References
Amriani, Amriani, ‘PENGARUH ILMU ASHWAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) DI IAIM SINJAI’ (INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI, 2020)
Amrulloh, Muhammad Afif, ‘Fonologi Bahasa Arab (Tinjauan Deskriptif Fonem Bahasa Arab)’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8.1 (2020), 1–13
Aslamiyah, Aslamiyah, ‘Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2.1 (2022), 1141–50
Hermawan, Acep, ‘Metodologi Pengajaran Bahasa Arab’, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Munawwir, Achmad Warson, and Ahmad Warson Munawwir, ‘Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap’, 1997
Nasikin, Moh, and Irza Hidayatullah Suparmanto, ‘STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AL-ASHWAT DI DALAM
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM’
Ni’mah, Khoirotun, ‘ILMU ASHWAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 16.1 (2024), 39–48
Nuril Mufidah, Khonsa Fillah Attaqi, Hasyim Amrulloh, ‘PERAN PEMAHAMAN MAHARAH KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK)’, 2022, 700–708
Puspita, Rani, and Yuliani Yuliani, ‘Penerapan Metode Fun Ashwat Dalam Meningkatkan Kualitas Ashwat Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini’, Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1.18 (2021), 110–25
Rusady, Achmad Tito, and Anisatu Thoyyibah, ‘PELATIHAN TAHSIN SURAT AL FATIHAH BERBASIS ILMUL ASHWAT DAN ILMU TAJWID UNTUK PEMUDA MASJID IHYAUL QULUB, KARANGPLOSO, KABUPATEN MALANG.’, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12.4 (2023), 513–17
Shidiqiyah, Firstiyana Romadlon Ash, and Firstiyana Romadlon, ‘Aliran Sastra Arab Klasik Sebagai Respon Atas Modernisasi Arab: Kajian Historis’, Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 5.01 (2022), 111–22
Sholihin, Muhammad Nur, ‘Peran Ilmu Al-Ashwat Dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan)’, SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3.2 (2020), 110–27
Sikana, Arina Mana, Antoni Agus Nugroho, and Pasiyah Tahe, ‘Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto’, Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3.1 (2021), 74–81
Umroh, Ida Latifatul, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab’, Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5.2 (2018), 68–92
Wijaya, Mualim, and Nanda Devi Oktaviani, ‘Analisis Kesalahan Kalam Bahasa Arab Pada Peserta Didik Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (Lpba) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo’, ????????? (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 12.1 (2022), 136 <https://doi.org/10.22373/ls.v12i1.13379>
Wulandari, Nawang, ‘Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab’, Jurnal Al-Fathin, 3.1 (2020), 71–84