PENERAPAN METODE AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING UNTUK KLASIFIKASI PROGRAM STUDI BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
agglomerative hierarchical clustering untuk klasifikasi program studi
berdasarkan pelayanan terhadap mahasiswa dan mengetahui klasifikasi
program studi berdasarkan pelayanan terhadap mahasiswa berdasarkan
metode agglomerative hierarchical clustering. Penelitian ini dilakukan di
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram. Objek penelitian ini
adalah mahasiswa aktif semester dua, empat, enam, dan delapan dari
dua belas program studi yang ada di IAIN Mataram. Data diperoleh
dengan menyebarkan kuesioner kepada 442 responden. Terdapat lima
aspek yang diteliti, yaitu, tangibles, reliability, responsiveness, assurance,
emphaty, dan information system. Analisis data pada penelitian ini
menggunakanagglomerative hierarchical clusteringmetode ward. Hasil
dari penelitian ini mengelompokkan program studi berdasarkan
pelayanan terhadap mahasiswa. Diperoleh empat cluster untuk
mengelompokkan program studi berdasarkan pelayanan terhadap
mahasiswa. Cluster 1 terdiri dari tujuh anggota dengan karakteristik
program studi yang dapat dikatakan baik pada semua aspek. Cluster
2 terdiri dari satu anggota. Pada cluster ini dapat dikatakan kurang
pada semua aspek. Cluster 3 terdiri dari dua anggota, cluster ketiga
ini cenderung sangat baik dalam aspek tangibles, reability, assurance,
dan responsibility. Dan cluster 4 terdiri dari objek kesepuluh dan objek
ke duabelas. Karakteristik cluster keempat adalah program studi yang
dapat dikatakan sangat baik pada aspek emphaty dan information
system.
Downloads
Article Details
References
Bluman, A.G. 2004. Elementary Statistics:
A Step by Step Approach, 5th Edition,
New York: Mc Graw-Hill
Everit,B.S, Landau, S., Leese, M., dan
Stahl, D. 2011. Cluster Analysis 5th
Edition, London: John Willey &
Sons, Ltd
Fadliana, Alfi dan Rozi, Fachrur.2015.
Penerapan Metode Agglomerative
Hierarchical Clustering untuk
Klasifikasi Kabupaten/Kota di
Provinsi Jawa Timur Berdasarkan
Kualitas Pelayan KB. Jurnal Cauchy,
Vol.4,No. 1 tahun 2015
Hair,J.F., Black, W.C., Babin,B.J., and
Anderson,R.E., 2010. Multivariate
| Iqtishaduna Jurnal Ekonomi syariah
Data Analysis, 7th Edition. New
Jersey: Pearson Prentice Hall
Hidayati, Ana, dkk. 2014. Analysis of
Student Satisfaction Service Quality
in Pharmacy Faculty University of
Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jurnal
Pharmaciana, Vol 4, No. 1
Johson, R.A. dan Wichern, D.W. 2007.
Applied Multivariate Statistical
Analysis, 6th Edition. Upper Saddle
River, New Jersey: Prentice
Education, Inc
Parasuraman A, Valarie A., Berry L.
Reassement of Expectation As
A Comparison Standart In Measuring
Servive Quality: Implications For
Further Research. Journal Of
Marketing. 1994. Vol 58
Samosir, Zurni Z. Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan
Mahasiswa Menggunakan
Perpustakaan USU. Jurnal Studi
Perpustakaan, Vol.1, No.1, Juni