PENERAPAN METODE AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING UNTUK KLASIFIKASI PROGRAM STUDI BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA

Main Article Content

Any Tsalasatul Fitriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
agglomerative hierarchical clustering untuk klasifikasi program studi
berdasarkan pelayanan terhadap mahasiswa dan mengetahui klasifikasi
program studi berdasarkan pelayanan terhadap mahasiswa berdasarkan
metode agglomerative hierarchical clustering. Penelitian ini dilakukan di
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram. Objek penelitian ini
adalah mahasiswa aktif semester dua, empat, enam, dan delapan dari
dua belas program studi yang ada di IAIN Mataram. Data diperoleh
dengan menyebarkan kuesioner kepada 442 responden. Terdapat lima
aspek yang diteliti, yaitu, tangibles, reliability, responsiveness, assurance,
emphaty, dan information system. Analisis data pada penelitian ini
menggunakanagglomerative hierarchical clusteringmetode ward. Hasil
dari penelitian ini mengelompokkan program studi berdasarkan
pelayanan terhadap mahasiswa. Diperoleh empat cluster untuk
mengelompokkan program studi berdasarkan pelayanan terhadap
mahasiswa. Cluster 1 terdiri dari tujuh anggota dengan karakteristik
program studi yang dapat dikatakan baik pada semua aspek. Cluster
2 terdiri dari satu anggota. Pada cluster ini dapat dikatakan kurang
pada semua aspek. Cluster 3 terdiri dari dua anggota, cluster ketiga
ini cenderung sangat baik dalam aspek tangibles, reability, assurance,
dan responsibility. Dan cluster 4 terdiri dari objek kesepuluh dan objek
ke duabelas. Karakteristik cluster keempat adalah program studi yang
dapat dikatakan sangat baik pada aspek emphaty dan information
system.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bluman, A.G. 2004. Elementary Statistics:

A Step by Step Approach, 5th Edition,

New York: Mc Graw-Hill

Everit,B.S, Landau, S., Leese, M., dan

Stahl, D. 2011. Cluster Analysis 5th

Edition, London: John Willey &

Sons, Ltd

Fadliana, Alfi dan Rozi, Fachrur.2015.

Penerapan Metode Agglomerative

Hierarchical Clustering untuk

Klasifikasi Kabupaten/Kota di

Provinsi Jawa Timur Berdasarkan

Kualitas Pelayan KB. Jurnal Cauchy,

Vol.4,No. 1 tahun 2015

Hair,J.F., Black, W.C., Babin,B.J., and

Anderson,R.E., 2010. Multivariate

| Iqtishaduna Jurnal Ekonomi syariah

Data Analysis, 7th Edition. New

Jersey: Pearson Prentice Hall

Hidayati, Ana, dkk. 2014. Analysis of

Student Satisfaction Service Quality

in Pharmacy Faculty University of

Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jurnal

Pharmaciana, Vol 4, No. 1

Johson, R.A. dan Wichern, D.W. 2007.

Applied Multivariate Statistical

Analysis, 6th Edition. Upper Saddle

River, New Jersey: Prentice

Education, Inc

Parasuraman A, Valarie A., Berry L.

Reassement of Expectation As

A Comparison Standart In Measuring

Servive Quality: Implications For

Further Research. Journal Of

Marketing. 1994. Vol 58

Samosir, Zurni Z. Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan

Mahasiswa Menggunakan

Perpustakaan USU. Jurnal Studi

Perpustakaan, Vol.1, No.1, Juni