Main Article Content

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan di taman wisata Loang Baloq menurun dalam beberapa tahun terakhir dikarenakan  kurangnya strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman tentang daya tarik dan potensi yang ditawarkan oleh taman wisata Loang Baloq. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran wisata dan juga kendala-kendala apa saja yang dihadapi pengelola wisata religi Loang Baloq dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif . Penelitian kualitatif mencoba menguraikan realita ataupun fenomena yang ada di masyarakat dari sudut pandang informan atau orang yang berpatisipasi dalam penelitian tersebut. Realita atau fenomena tersebut dapat dapat dipahami melalui pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan pengelola taman wisata Loang Baloq yang paling mempengaruhi tingkat kunjungan adalah product sedangkan strategi pemasaran yang belum efektif dalam meningkatkan kunjungan kunjungan adalah promotion.

Keywords

Strategi Pemasaran, Wisata Religi, Loang Baloq

Article Details

References

  1. Dien Ayu Putra Pratama, “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq
  2. Kelurahan Tanjung Karang”, (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Mataram, 2023).
  3. Dinda Zizwatin Ainia, ‘’Peran Pemerintah Desa Sekapuk Dalam Pengembangan Objek Wisata
  4. Bukit Setigi Desa Sekapuk ‘’, Jurnal Respon Publik, (Vol. 15, No. 6, Tahun 2021.
  5. Ega Fadela Elwandani,” Analisis Strategi Pemasaran Wisata Religi Dalam Upaya Meningkatkan
  6. Jumlah Kunjungan di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan”,(Skripsi, Sekolah Tinggi
  7. Pariwisata AMPTA,Yogyakarta , 2017).
  8. Evin, wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 30 April 2024
  9. Hedi Kurniawan, “Promosi Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq Dalam Meningkatkan Citra”,
  10. (Skripsi,Fisipol Universitas Muhammdaiyah Mataram, 2023), hlm 3
  11. Juneria Tawa Sejahtri, “Strategi Pemasaran Daalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan
  12. Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda”, Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL
  13. UNMUL, (Vol.10.No.3),Thn 2022
  14. Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).
  15. M.Setyo Nugroho, “Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai
  16. Daya Tarik Wisata di Kota Mataram’’, Juornal Of Enterprise And Develoment,(Vol.1.No.1) Juni.
  17. Thn 2019.
  18. Nur Indah Sari, dkk, “ Peningkatan Spritualitas melalui Wisata Relisi di Makam Keramat Kwitang
  19. Jakarta”, Jurnal Studi Al-Qur’an, , (Vol. 14, No. 1, Tahun 2018)
  20. QS al-An’am [6 ]: 11-12
  21. Rika, Wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 23 Mei 2024
  22. Riki Irawan, “Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata DalaMMeningkatkan Jumlah Kunjungan
  23. Wisatawan Di Kabupaten Pelalawan”, ( Skripsi, FEB Universitas Islam Riau, Riau, 2021.
  24. Rismi Ilma Aprilya, ” Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan
  25. Taman Salma Sofia Samarinda”,(Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
  26. Mulawarman, Samarinda, 2022).
  27. Simpson,M. C. (2008). Community Benefit Tourism Initiatives, dikutip dari Lestari Oktalion Lili,
  28. “Peran Pemerintah Desa Keditan Dalam Pembangunan Pariwisata”. Jurnal KRITIS, Vol.29.
  29. Nomor.2.tahun 2020)
  30. Sindi Safitri,”Pengelolaan Wisata Danau Bambu Terhadap Minat Pengunjung”,(Skripsi, Fakultas
  31. Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN METRO, Lampung, 2020).
  32. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D, (Bandung: PT Alfabeta, 2017).
  33. Sumasno Hadi, “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi”, Jurnal Ilmu
  34. Pendidikan, (Vol.22, No.1, Thn 2016).Tamrin, wawancara, Destinasi Wisata Loang Baloq, 26 April 2024
  35. Yulie Suryani, ‘’Magnet Wisata Religi Sebagai Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Kurai Taji
  36. Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Inovassi Penelitian, VOL.2 NOMOR.1, Juni 2021.
  37. Zainab, “ Dampak Sosial Ekonomi Dan Budaya Akibat Covid 19 Pada Objek Wisata Pantai
  38. Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Menurut
  39. Perspektif Ekonomi Islam” (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,