Main Article Content
Abstract
Tingkat kunjungan wisatawan di taman wisata Loang Baloq menurun dalam beberapa tahun terakhir dikarenakan kurangnya strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman tentang daya tarik dan potensi yang ditawarkan oleh taman wisata Loang Baloq. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran wisata dan juga kendala-kendala apa saja yang dihadapi pengelola wisata religi Loang Baloq dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif . Penelitian kualitatif mencoba menguraikan realita ataupun fenomena yang ada di masyarakat dari sudut pandang informan atau orang yang berpatisipasi dalam penelitian tersebut. Realita atau fenomena tersebut dapat dapat dipahami melalui pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan pengelola taman wisata Loang Baloq yang paling mempengaruhi tingkat kunjungan adalah product sedangkan strategi pemasaran yang belum efektif dalam meningkatkan kunjungan kunjungan adalah promotion.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dien Ayu Putra Pratama, “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq
- Kelurahan Tanjung Karang”, (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Mataram, 2023).
- Dinda Zizwatin Ainia, ‘’Peran Pemerintah Desa Sekapuk Dalam Pengembangan Objek Wisata
- Bukit Setigi Desa Sekapuk ‘’, Jurnal Respon Publik, (Vol. 15, No. 6, Tahun 2021.
- Ega Fadela Elwandani,” Analisis Strategi Pemasaran Wisata Religi Dalam Upaya Meningkatkan
- Jumlah Kunjungan di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan”,(Skripsi, Sekolah Tinggi
- Pariwisata AMPTA,Yogyakarta , 2017).
- Evin, wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 30 April 2024
- Hedi Kurniawan, “Promosi Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq Dalam Meningkatkan Citra”,
- (Skripsi,Fisipol Universitas Muhammdaiyah Mataram, 2023), hlm 3
- Juneria Tawa Sejahtri, “Strategi Pemasaran Daalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan
- Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda”, Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL
- UNMUL, (Vol.10.No.3),Thn 2022
- Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).
- M.Setyo Nugroho, “Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai
- Daya Tarik Wisata di Kota Mataram’’, Juornal Of Enterprise And Develoment,(Vol.1.No.1) Juni.
- Thn 2019.
- Nur Indah Sari, dkk, “ Peningkatan Spritualitas melalui Wisata Relisi di Makam Keramat Kwitang
- Jakarta”, Jurnal Studi Al-Qur’an, , (Vol. 14, No. 1, Tahun 2018)
- QS al-An’am [6 ]: 11-12
- Rika, Wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 23 Mei 2024
- Riki Irawan, “Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata DalaMMeningkatkan Jumlah Kunjungan
- Wisatawan Di Kabupaten Pelalawan”, ( Skripsi, FEB Universitas Islam Riau, Riau, 2021.
- Rismi Ilma Aprilya, ” Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan
- Taman Salma Sofia Samarinda”,(Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
- Mulawarman, Samarinda, 2022).
- Simpson,M. C. (2008). Community Benefit Tourism Initiatives, dikutip dari Lestari Oktalion Lili,
- “Peran Pemerintah Desa Keditan Dalam Pembangunan Pariwisata”. Jurnal KRITIS, Vol.29.
- Nomor.2.tahun 2020)
- Sindi Safitri,”Pengelolaan Wisata Danau Bambu Terhadap Minat Pengunjung”,(Skripsi, Fakultas
- Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN METRO, Lampung, 2020).
- Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D, (Bandung: PT Alfabeta, 2017).
- Sumasno Hadi, “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi”, Jurnal Ilmu
- Pendidikan, (Vol.22, No.1, Thn 2016).Tamrin, wawancara, Destinasi Wisata Loang Baloq, 26 April 2024
- Yulie Suryani, ‘’Magnet Wisata Religi Sebagai Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Kurai Taji
- Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Inovassi Penelitian, VOL.2 NOMOR.1, Juni 2021.
- Zainab, “ Dampak Sosial Ekonomi Dan Budaya Akibat Covid 19 Pada Objek Wisata Pantai
- Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Menurut
- Perspektif Ekonomi Islam” (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,
References
Dien Ayu Putra Pratama, “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq
Kelurahan Tanjung Karang”, (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Mataram, 2023).
Dinda Zizwatin Ainia, ‘’Peran Pemerintah Desa Sekapuk Dalam Pengembangan Objek Wisata
Bukit Setigi Desa Sekapuk ‘’, Jurnal Respon Publik, (Vol. 15, No. 6, Tahun 2021.
Ega Fadela Elwandani,” Analisis Strategi Pemasaran Wisata Religi Dalam Upaya Meningkatkan
Jumlah Kunjungan di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan”,(Skripsi, Sekolah Tinggi
Pariwisata AMPTA,Yogyakarta , 2017).
Evin, wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 30 April 2024
Hedi Kurniawan, “Promosi Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq Dalam Meningkatkan Citra”,
(Skripsi,Fisipol Universitas Muhammdaiyah Mataram, 2023), hlm 3
Juneria Tawa Sejahtri, “Strategi Pemasaran Daalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan
Wisatawan Pemandian Serayu Lestari di Kota Samarinda”, Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL
UNMUL, (Vol.10.No.3),Thn 2022
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).
M.Setyo Nugroho, “Sikap Masyarakat Terhadap Pengembangan Pantai Loang Baloq Sebagai
Daya Tarik Wisata di Kota Mataram’’, Juornal Of Enterprise And Develoment,(Vol.1.No.1) Juni.
Thn 2019.
Nur Indah Sari, dkk, “ Peningkatan Spritualitas melalui Wisata Relisi di Makam Keramat Kwitang
Jakarta”, Jurnal Studi Al-Qur’an, , (Vol. 14, No. 1, Tahun 2018)
QS al-An’am [6 ]: 11-12
Rika, Wawancara, Destinasi Taman Wisata Loang Baloq, 23 Mei 2024
Riki Irawan, “Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata DalaMMeningkatkan Jumlah Kunjungan
Wisatawan Di Kabupaten Pelalawan”, ( Skripsi, FEB Universitas Islam Riau, Riau, 2021.
Rismi Ilma Aprilya, ” Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan
Taman Salma Sofia Samarinda”,(Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Mulawarman, Samarinda, 2022).
Simpson,M. C. (2008). Community Benefit Tourism Initiatives, dikutip dari Lestari Oktalion Lili,
“Peran Pemerintah Desa Keditan Dalam Pembangunan Pariwisata”. Jurnal KRITIS, Vol.29.
Nomor.2.tahun 2020)
Sindi Safitri,”Pengelolaan Wisata Danau Bambu Terhadap Minat Pengunjung”,(Skripsi, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN METRO, Lampung, 2020).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D, (Bandung: PT Alfabeta, 2017).
Sumasno Hadi, “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi”, Jurnal Ilmu
Pendidikan, (Vol.22, No.1, Thn 2016).Tamrin, wawancara, Destinasi Wisata Loang Baloq, 26 April 2024
Yulie Suryani, ‘’Magnet Wisata Religi Sebagai Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Kurai Taji
Kabupaten Padang Pariaman, Jurnal Inovassi Penelitian, VOL.2 NOMOR.1, Juni 2021.
Zainab, “ Dampak Sosial Ekonomi Dan Budaya Akibat Covid 19 Pada Objek Wisata Pantai
Kota Agung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung Menurut
Perspektif Ekonomi Islam” (Skripsi,FEBI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,