Main Article Content
Abstract
Management is important to determine and achieve the goals of an institution
in providing services. Hajj is a form of worship in Islamic law. Not all Hajj pilgrims have the
same or normal physique, but the opposite, especially Hajj pilgrims with physical disabilities.
Hajj pilgrims with physical disabilities definitely need more services than Hajj pilgrims who
have normal physical abilities. Hajj pilgrims with disabilities are one of the government’s
priorities in organizing the Hajj pilgrimage. The implementation of the Hajj is said to be
valid if it complies with the order of implementation of the pillars of Hajj. This research
uses a descriptive qualitative method, namely observation, interviews and documentation.
The aim of writing this thesis is to provide an explanation regarding the services provided
by the government to Hajj pilgrims with disabilities during the Hajj pilgrimage. The result
of this writing is to provide an explanation regarding the management of Hajj services for
people with disabilities.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abd. Rohman, Dasar-dasar Manajemen, (Malang: Intelegensia Media, (2017).
- Agung Dwi Laksono, Strategi Peningkatan Kualitas Bimbingan Haji; Studi Kasus Kelompok Bimbingan
- Ibadah Haji (KBIH) NW Pancor Kabupaten Lombok Timur (Mataram; Tidak diterbirkan,
- .
- Ahmad Hamzani, dkk, “Legal Protection for Hajj Pilgrims Through Regional Regulation.” Jurnal
- Mazahib, Vol. 17:2 (2018).
- Akhmad Soleh, Aksebilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi (Yogyakarta:PT LKiS
- Pelangi Aksara,2016).
- Anik Farida, dkk, Dinamika Pelayanan Ibadah Haji Di Indonesia
- (Jakarta; Litbangdiklat Press, 2020).
- Devi Susilawati, Manajemen Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah (Studi PT Mastour Haji dan Travel).
- (Mataram, Tidak diterbitkan, 2021).
- Guruh Sugiharto, ilmu manajemen. (Mataram, Sanabil, 2022).
- Harun Nasution, Ensiklopedia Islam Indonesia (Jakarta: Djembatan,1992).
- Irmayani, “Strategi Manajemen Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Kepercayaan Jamaah haji
- Dan Umrah (Studi Pada PT. Zakiah Dina Tayyibah Tour dan Travel Kota Parepare”, Jurnal
- Kajian Manajemen Dakwah (JKMD), Vol. 1:1 (2019).
- Irwanto, dkk, Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Sebuah Desk-Revie (Depok, Pusat
- Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, 2010)Kemensekneg RI, Lemabaran Negara RI Tahun 2011 Nomor 107, Lampiran UU RI Nomor 19
- Tahun 2011 Tentang Convention on the Right of Persons with Disabilities (Konvensi Hak-Hak
- Penyandang Disabilitas) Pasal 1,
- Kementerian Agama RI Ditjen PHU, Dinamika dan Perspektif Haji di Indoensia (Jakarta: CV. Duta
- Peraga, 2010),
- Maratussoaliha, Nurrosyidah Yusuf, Kementerian Agama Kota Bima Sebuah Nama Sebuah Cerita,
- (Kota Bima: Goresan Pena, 2022),
- Muhammad Nuri, “Pragmatisme Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia.” Jurnal Filsafat dan
- Budaya Hukum, Vol. 1:1 (2014)
- Peraturan Undang-Undang Nomor. 8. Tahun 2019 pasal 3 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji
- dan Umrah
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
- (Jakarta: Pusat bahasa, 2008),
- Ratminto dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual,
- Penerapan Citizen’s charter dan Standar Pelayanan Minimal (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014),
- hlm. 27. Rezi Saputra, Manajemen Ibadah Haji Bagi Disabilitas. (Bengkulu, Universitas
- Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022).
- Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif R&D, (Bandung: Alfa Beta, 2008)
- Tira Wulani, Manajemen Pelayanan Jamaah Haji Kementerian Agama Kota Pagar Alam Provinsi
- Sumatera Selatan tahun 2019 (Sumatera Selatan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 2019)
- Winengan, Pelayanan Publik“Media Interaksi Pemerintah dan Masyarakat” (Mataram; Sanabil,
- ,
- Agus, Wawancara, Kota Bima 15 Januari 2024 Amrin, Wawancara, Kota Bima 11 Januari 2024
- M. Saleh, Wawancara, Kota Bima, 19 Janurai 2024 Muhammad Fathir, Wawancara, Kota Bima, 18
- Januari 2024 Mustamin, Wawancara, 19 Januari 2024
References
Abd. Rohman, Dasar-dasar Manajemen, (Malang: Intelegensia Media, (2017).
Agung Dwi Laksono, Strategi Peningkatan Kualitas Bimbingan Haji; Studi Kasus Kelompok Bimbingan
Ibadah Haji (KBIH) NW Pancor Kabupaten Lombok Timur (Mataram; Tidak diterbirkan,
.
Ahmad Hamzani, dkk, “Legal Protection for Hajj Pilgrims Through Regional Regulation.” Jurnal
Mazahib, Vol. 17:2 (2018).
Akhmad Soleh, Aksebilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi (Yogyakarta:PT LKiS
Pelangi Aksara,2016).
Anik Farida, dkk, Dinamika Pelayanan Ibadah Haji Di Indonesia
(Jakarta; Litbangdiklat Press, 2020).
Devi Susilawati, Manajemen Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah (Studi PT Mastour Haji dan Travel).
(Mataram, Tidak diterbitkan, 2021).
Guruh Sugiharto, ilmu manajemen. (Mataram, Sanabil, 2022).
Harun Nasution, Ensiklopedia Islam Indonesia (Jakarta: Djembatan,1992).
Irmayani, “Strategi Manajemen Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Kepercayaan Jamaah haji
Dan Umrah (Studi Pada PT. Zakiah Dina Tayyibah Tour dan Travel Kota Parepare”, Jurnal
Kajian Manajemen Dakwah (JKMD), Vol. 1:1 (2019).
Irwanto, dkk, Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Sebuah Desk-Revie (Depok, Pusat
Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, 2010)Kemensekneg RI, Lemabaran Negara RI Tahun 2011 Nomor 107, Lampiran UU RI Nomor 19
Tahun 2011 Tentang Convention on the Right of Persons with Disabilities (Konvensi Hak-Hak
Penyandang Disabilitas) Pasal 1,
Kementerian Agama RI Ditjen PHU, Dinamika dan Perspektif Haji di Indoensia (Jakarta: CV. Duta
Peraga, 2010),
Maratussoaliha, Nurrosyidah Yusuf, Kementerian Agama Kota Bima Sebuah Nama Sebuah Cerita,
(Kota Bima: Goresan Pena, 2022),
Muhammad Nuri, “Pragmatisme Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia.” Jurnal Filsafat dan
Budaya Hukum, Vol. 1:1 (2014)
Peraturan Undang-Undang Nomor. 8. Tahun 2019 pasal 3 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji
dan Umrah
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
(Jakarta: Pusat bahasa, 2008),
Ratminto dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual,
Penerapan Citizen’s charter dan Standar Pelayanan Minimal (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014),
hlm. 27. Rezi Saputra, Manajemen Ibadah Haji Bagi Disabilitas. (Bengkulu, Universitas
Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022).
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif R&D, (Bandung: Alfa Beta, 2008)
Tira Wulani, Manajemen Pelayanan Jamaah Haji Kementerian Agama Kota Pagar Alam Provinsi
Sumatera Selatan tahun 2019 (Sumatera Selatan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 2019)
Winengan, Pelayanan Publik“Media Interaksi Pemerintah dan Masyarakat” (Mataram; Sanabil,
,
Agus, Wawancara, Kota Bima 15 Januari 2024 Amrin, Wawancara, Kota Bima 11 Januari 2024
M. Saleh, Wawancara, Kota Bima, 19 Janurai 2024 Muhammad Fathir, Wawancara, Kota Bima, 18
Januari 2024 Mustamin, Wawancara, 19 Januari 2024