Main Article Content

Abstract

Kemandirian merupakan aspek fundamental dalam tugas perkembangan remaja. Kenyataannya, kemandirian dalam diri remaja masih sangat jauh dalam perkembangannya. Salah satu metode untuk meningkatkan kemandirian ini adalah dengan pendekatan T-Group Dynamic yakni melalui kekuatan dalam dinamika kelompok. Tulisan ini bertujuan untuk melihat pendekatan T-Group Dynamic dalam meningkatkan kemandirian remaja. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja tahap awal berjumlah 31 orang. Pengukuran menggunakan skala kemandirian dengan teknik analisa data menggunakan uji statistic paired sample t-test. Berdasarkan uji analisa ditemukan perbedaan sigifikan antara skor kemandirian sebelum dan setelah treatment.

Keywords

T-Group Dynamic Kemandirian Remaja

Article Details

How to Cite
BAFADAL, I. (2019). PENDEKATAN T-GROUP DYNAMIC DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN REMAJA. QAWWAM, 13(1), 29-42. https://doi.org/10.20414/qawwam.v13i1.1701

References

Ali & Ansori. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M., & Asrori. M. (2005). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arikunto, S. (2006). Askara prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Bina.
Budirahayu. (2003). Persepsi mahasiswa akuntansi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir. SNA VI, 821-837.
Bungin, M. B. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta.
Chaplin, J. P. (2004). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2008). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyanti, Mahmud. (1990). Psikologi pendidikan suatu pendekatan terapan. Jogjakarta: BPFE. Gay, L. R. (1981). Educational research: competencies for anlysis and application. London: Prentice-Hall International (UK) ltd.
Gea, Antonius, A. (2003). Character building 1 relasi dengan diri sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multavariate dengan program ibm spss 19. Semarang: Badan penerbit Universitas Dponegoro.
Hurlock E. B. (1992). Development psikology: a life span approach, fifth edition. McGraw Hill. Hurlock, E.B. (1990). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Indrijati, H., dkk., (2016). Psikologi perkembangan dan pendididikan anak usia dini sebuah bungan rampai. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ingersoll, M.G. (1982). Adolescents in school and society. Toronto: Lexington Massachusetts. Kay, W. (1975). Moral education; a sociological study of teh influence of society, home and school. London: George Allen and Unwin.
Lewin, K. (1943). Field theory and learning e-book. American Psychological Association. Latipun. (2002). Psikologi eksperimen. Malang. UMM.
Leavitt, Harold J., (1978). Managerial psycology, Fourth Edition. The Univercity of Chicago.
Levine, J. M., & Moreland, R. L. (2006). Small Groups. New York: Psychology Press.
Mahmud, M., D. (1990). Psikologi pendidikan suatu pendekatan terapan. Yogyakarta: BPFE.
Markum, M. Enoch. (1985). Anak, Keluarga, dan masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.
Mighwar, M. (2006). Psikologi remaja: petunjuk bagi guru dan orangtua. Bandung: Pustaka Setia.
Pareek, U. (1996). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Pustaka Binaman Presindo.
Parker, Deboar K. (2006). Menumbuhkan kemandirian dan harga diri anak. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Prayitno, & Amti, E. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. cetakan ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Prayitno. (2004). Layanan bimbingan dan konseling. Padang: BK FIP.
Santrock, John W. (2003). Adolescence perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga. Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Steinberg, L. (2002). Adolescence. Sixth edition. New York: McGraw Hill.
Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P.E Nila Kusmawati. (2008). Proses bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Widyastono, H., & Sulistiyo. (2015). Kompetensi pedagogik untuk peningkatan dan penilaian kerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional. Sidoarjo: Genta Group Production.
Yusuf. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosda.
Yusuf, S., & Juatika, N. (2016). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung. PT Remaja Rosdakarya dan Universitas Pendidikan Indonesia.
Yusuf, Y. (1991). Psikologi antar budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zainuddin, M. (2014). Metodelogi penelitian kefarmasian dan kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.