DAMPAK PERSEPSI SISWA TENTANG KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KALANGAN SISWA MADRASAH ALIYAH PUTRA AL-ISLAHUDDINY
DOI:
https://doi.org/10.20414/society.v5i2.1454Keywords:
ekonomi, keluarga, motivasi, Pendidikan tinggiAbstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa Madrasah Aliyah Putra Al-Islahuddiny
dengan memadukan pendekan kualitatif dan kuantitatif. Adapun obyek
kajian dalam penelitian ini yakni melihat kondisi perspesi siswa terhadap
kondisi ekonomi keluarganya dan pengaruhnya terhadap motivasi
melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Berdasarkan data yang telah
dihimpun menujukkan bahwa para siswa Madrasah Aliyah Putra Al-
Islahuddiny sebagian besar atau diatas rata-rata memiliki persepsi postif
terhadap kemampuan keluarganya untuk membiayainya secara finansia
melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Namun demikian cukup
banyak diantara mereka memiliki motivasi melanjutkan pendidikan
keperguruan tinggi berada pada kategori kurang baik. Hal ini disebabkan
berbagai factor antara lain tidak adanya kepastian untuk mendapatkan
hasil secara ekonomilebih baik jika melanjutkan kuliah dibandingkan
tidak kuliah. Adanya motivasi belajar yang renda dan sebagian yang tidak
melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dikarenakan keinginannya
untuk lebih memperdalam pendidikan agama pada lembaga takhassus
yang khsuus mengkaji pelajaran agama. Walaupun persepsi terhadap
keadaan ekonomi keluarga dikalangan siswa Madrasah Aliyah Putra
Al-Islahuddiny berpengaruh signifikan terhadap motivasi melanjutkan
pendidikan ke perguruan tinggi dan bersifat linear, namun pengaruhnya
tidaklah besar