Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencatatan keuangan oleh UKM pertokoan Pasar Seni Sayang-Sayang, telah sesuai dengan standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan untuk mengatahui kendala-kendala yang dihadapi oleh UKM pertokoan Pasar Seni Sayang-Sayang dalam proses pencatatan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melihat manfaat Pencatatan Keuangan  Usaha Kecil Berbasis Internet (Studi Kasus UKM Pertokoan Pasar Seni Sayang-Sayang Kota Mataram). Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.


Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti mendapatkan beberapa corak pencatatan keuangan usaha kecil. yaitu, Ada 3 Art Shop yang melakukan pencatatan kas harian, pencatatan kas bulanan, dan pencatatan kas tahunan. Yaitu, Awaludin Hand Craft, Putri Lombok Painting, dan Dinda Art Shop.ada 2 Art Shop yang melakukan pencatatan kas harian  yang isinya kas masuk dan kaskeluar saja dan belum melakukan pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Akuntansi Publik (SAK ETAP). Yaitu, Rizal Art Shop  dan Rose Souvenir, ada satu Art Shop yang melakukan laporan keuangan berupa Neraca dan laporan arus kas. Yaitu, Lya Art Shop, dan ada 7 (tujuh) Art Shop yang tidak sama sekali melakukan pencatatan laporan keuangan.

Keywords

Evaluasi Usaha Kecil Pasar seni

Article Details

How to Cite
Sakdiah, S. (2019). EVALUASI PENCATATAN KEUANGAN USAHA KECIL BERBASIS INTERNET DI PASAR SENI SAYANG-SAYANG KOTA MATARAM. SOCIETY, 10(1), 86-106. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/view/1490