Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah, kendala-kendala, dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Qur’an Bengkel. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Qur’an Bengkel adalah: a) Membuat perencanaan; b) Pengorganisasian; c) Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah; d) Membimbing; e) Evaluasi; dan f) Menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Adapun kendala-kendala kepemimpinan Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar di MTs Darul Qur’an Bengkel adalah profesionalisme guru yang masih rendah, tingkat pendidikan guru masih ada yang tidak memenuhi syarat, sarana dan prasarana pembelajaran belum lengkap, kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat siswa kurang mencerminkan budaya pendidikan, tingkat pendidikan dan ekonomi orang tua siswa yang rendah.

Article Details

How to Cite
Sari, L., & Wildan, W. (2018). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS DARUL QUR’AN BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. SOCIETY, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.20414/society.v9i1.3438

References

  1. Al- Bukhari, Al-jami’ As-shohih, (Kairo : Al-Maktabah As-Salafiah).
  2. Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2008) Edy Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Kencana, 2009)
  3. Husaini Usman, Manajemen :Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 2006)
  4. Iif Khoiru Ahmadi, M.pd , dkk, Strategi pembelajaran sekolah terpadu (Jakarta: Pt. Prestasi Pustaka Raya, 2011)
  5. M. Djunaidi Ghony & Fauzan almanshur, metodologi penelitian kualitatif, (jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2012)
  6. M. Sobry Sutikno, Manajemen Pendidikan, (Lombok: Holistica Lombok, 2012)
  7. Marni, “peran pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar di MTs AL-Ittihadiyah NW Bangket Punik Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2013/2014, (Skripsi, FITK IAIN Mataram )
  8. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif.(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011).
  9. Sugiyono, metode penelitian pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D, (bandung: Alfabeta, 2010)
  10. Sukurudin, “gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meingkatkan hasil belajar mengajar MTs Al-Madaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2015/2016”, (Skripsi FITK IAIN Mataram. Mataram)
  11. Supardi, Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi, (Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta. 2011)
  12. Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada)