PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X MA QAMARUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Doni Setiawan uin mataram
  • Hadi Kusuma Ningrat UIN Mataram
  • Raehanah Raehanah UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2616

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Reaksi Oksidasi dan Reduksi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe think pair share (tps) terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan Maret 2020. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X MIPA MA Qomarul Huda Bagu Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diperoleh dengan teknik sampling total (jenuh). Sampling total adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas A dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS), sedangkan kelas B dijadikan sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control grup design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Bentuk data dalam penelitian ini tidak normal sehingga uji hipotesis menggunakan uji Man Whitney Test. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai Asymp sig sebesar 0,011 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya Ada pengaruh model pembelajaran cooverative tipe think pair share  (TPS) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X MA Qomarul Huda Bagu Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-26

How to Cite

Setiawan, D., Ningrat, H. K., & Raehanah, R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X MA QAMARUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 2(2), 163–176. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2616

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>