Main Article Content

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran alternatif pada masa pandemi covid-19, namun pada proses pembelajaran daring terdapat berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh siswa sehingga menimbulkan berbagai persepsi tentang pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi, (2) pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa, (3) pengaruh persespsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi dan keaktifan belajar siswa, dan (4) pengaruh motivasi berprestasi terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan yaitu kuesioner, sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis korelasi kanonikal dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil dari penelitian ini secara umumnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran daring terhadap motivasi berprestasi dan keaktifan belajar siswa.


 


ABSTRACT


Online learning is an alternative learning during the covid-19 pandemic, but in the online learning process there are various kinds of difficulties faced by students, giving rise to various perceptions about online learning. This study aims to determine (1) the effect of students’ perceptions of online learning on achievement motivation, (2) the influence of students’ perceptions of online learning on student learning activities, (3) the influence of students’ perceptions of online learning on achievement motivation and student learning activities, (4) the influence of achievement motivation on student learning activities. This research is acorrelation research with a quantitative approach, the method used is a questionnaire, while for data analysis the researcher uses simple regression analysis and canonical correlation analysis with the help of SPSS version 16.0. The results of this study indicate that there is an influence of students’ perceptions about online learning on achievement motivation and student learning activity.

Keywords

keaktifan belajar siswa motivasi berprestasi persepsi siswa tentang pembelajaran daring

Article Details

How to Cite
Hasanah, U., Citriadin, Y., & Mizriaty, A. (2022). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF STUDENTS’ PERCEPTIONS OF ONLINE LEARNING ON ACHIEVEMENT MOTIVATION AND STUDENT LEARNING ACTIVITIES. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.4727

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9b Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang–Semarang. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 6(1). 41-53 https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53
  3. Nayantaka, J., & Savira, S. I. (2017). Motivasi Berprestasi Mahasiswa Yang Berasal Dari Pulau Mandangin. Jurnal Psikologi Pendidikan. 4(1). 1-12.
  4. Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3(2). 13-24. DOI: 10.24269/dpp.v3i2.83
  5. Purwanto, E. (2014). Model Motivasi Trisula: Sintesis Baru Teori Motivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi. 41(2). 218-228. DOI: 10.22146/jpsi.6951
  6. Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Untuk psikologi dan pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  7. Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Suarni. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisai Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL). 1(2). 129-140.
  9. Subekhan, M., & Umiyati, D. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6(1). 51-68.
  10. Sudjana, N. (2011). Media Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  11. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  13. Wawan. M., & Winanti, P. S. (2020). Tata Kelola Penanganan COVID-19 Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Most read articles by the same author(s)