Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Al-Hamzar Tembeng Putik pada Materi Asam Basa. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimental. Populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Al-Hamzar serta jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37. Variabel bebas penelitian ini adalah model problem based learning dan variabel terikatnya keterampilan berpikir kritis. Desain penelitian non equivalent posttest control group design. Instrument penelitian adalah tes dalam bentuk uraian dan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan Uji Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning berpengaruh negatif terhadap keterampilan berpikir kritis, dengan perolehan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 25,5789 sedangkan untuk kelas kontrol 64,6667. Adapun indikator yang sulit dicapai pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol adalah menyimpulkan sebab akibat. Oleh karena itu secara signifikan hasil belajar siswa menurun disebabkan oleh faktor penghambat seperti konsentrasi siswa dalam belajar, lingkungan kelas yang tidak nyaman dan faktor kelelahan.

Keywords

Berpikir Kritis PBL Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Malasari, I., Raehanah, R., & Dewi, Y. K. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA AL-HAMZAR: THE EFFECT OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON THE CRITICAL THINKING SKILLS OF CLASS XI STUDENTS OF SMA AL-HAMZAR. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 4(2). https://doi.org/10.20414/spin.v4i2.5412

References

  1. Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Pare-pare: CV. Kaaffah Learning Center
  2. Halim, M. A., Suriana., & Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3 (1). 3. https://doi.org/10.21009/1.03101
  3. Sari, D. L, & Niswatin, C. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Penilaian Mata Kuliah Mobile Programing pada Pendidikan Informatika Jenjang Pendidikan Diploma 3. Jurnal Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi, dan Kontrol. 2(2). 118-125. https://doi.org/10.15575/telka.v2n2.118-125
  4. Muspita, Z., Lasmawan, I. L., & Sariyasa (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. 3(1).
  5. Nurmala, S. R., Corebima, D. A., & Ibrohim. (2015). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Dipadu Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 3 (3). 130-136. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v3i3.8110
  6. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan. 3 (2). 155-158. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
  7. Rochmah, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi). Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo
  8. Sugiyono (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Sulardi., Nur, M., & Widodo. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Keterampilan Berpikir. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 5(1). 802-810. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p802-810
  10. Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza. 2(1). 43-52.
  11. Wulandari., Bekti., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(2). 178-190. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
  12. Yulianti, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. (Skripsi) Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Most read articles by the same author(s)