UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU NURUD DHOLAM
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1632Keywords:
Upaya Guru, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia DiniAbstract
Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang dimiliki oleh individu dalam kaitannya dengan nilai dan perilaku. Seseorang dibekali dengan dengan kecerdasan spiritual diharapkan dalam mengambil perilaku juga memperhatikan nilainya. Mengingat kecerdasan spiritual ini penting untuk anak usia dini, maka guru di RA Muslimat NU Nurud Dholam juga ikut menstimulus kecerdasan spiritual anak dalam berbagai upaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru kelas dan wali murid RA Muslimat NU Nurud Dholam, dan dokumen RPPH. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi-terstruktur yang dicatat dalam bentuk dokumentasi berupa kegiatan pembelajaran yang dilakukan RA Muslimat NU Nurud Dholam. Upaya yang dilakukan guru di RA Muslimat NU Nurud Dholam berupa penanaman pembiasaan-pembiasaan sesuai nilai-nilai ajaran agam Islam (didasarkan pada al-Qur’an dan hadits), seperti bacaan hadits dan penerapannya, doa-doa harian, surah-surah pendek, adab, praktek ibada (wudhu’, adzan dan iqomah, serta sholat) dengan penyampaian secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan dan tahap perkembangan anak.
Downloads
References
Annisa, R. S. (2017). Strategi Guru dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Dini di RA Al-Wathoniyah Jabon Kalidawir Tulungagung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Tulungagung Tulungangung Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111117. Astuti, R. & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obseso: Jurnak Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302. Atmaka, Dri. (2004). Pengantar Pendidikan. Salatiga: Widyasari Press. Firdaus. (2015). Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Usia Dini. Al-Adyan, 10(1), 99-112. Halimah, S. Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Raidlotul Jannah Kota Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 1-6. Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.Hidayatul, A. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual AnakUsian Dini Melalui Metode Cerita Islmi di TK ABA Carikan Muntilan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta. Nuryanto, S. (2017). Stimulus Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Dini Melalui Kisah. Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 11(2), 4155. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasionalpendidikan Anak Usia Dini. Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.












