ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TK KHADIJAH AL-MUAYYADA SAMPANG)

Authors

  • Faizzatul Hasanah IAIN MADURA
  • Qurrotul Uyun IAIN MADURA

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814

Keywords:

Asesmen, Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui materi kegiatan dalammengembangkan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik asesmen (penilaian), dan hasil/dampak adanya asesmen perkembangan kognitif di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi kegiatan dalam mengembangkan kognitif anak berupa konsep bilangan, mengenal, mengelompokkan, menghubungkan dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran, warna, bentuk, fungsi, dan ciri-ciri lainnya. Teknik penilaian yang digunakan yaitu observasi, checklist, dan hasil karya. Asesmen meiliki dampak positif dalam pencapaian perkembangan kognitif, baik untuk guru, anak didik, maupun orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M,. & Wahyudin, U. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia . Bandung: Refika Aditama. Ernawita. (2018). Assesmen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Kurikulum 2013. Academia Edu. Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Nugraha, Ali dkk. (2005). Kurikulum dan Bahan Belajara TK. Jakarta: Universitas Terbuka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Suyadi. (2016). Perrencanaan dan asesmen Perkembangan pada Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Lembaga PAUD di Daerah Istimewa Yogyakarta). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65-83. Suyanto, Slamet. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. Syah, Muhaibin. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Yus, Anita. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pernada Media Group.

Downloads

Published

2019-06-22