STUDI OBSERVASI ASESMEN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS DI TK JOGJA GREEN SCHOOL)
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1810Keywords:
Asesmen, Perkembangan Bahasa, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Jogja Green School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistic. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberap indikator yang digunakan dalam asesmen perkembangan bahasa anak di TK Jogja Green School Yogyakarta, yaitu menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, melakukan 2-3 perintah sederhana, dapat menyebutkan identitas diri, menulis huruf-huruf yang dikenalkan, bercerita dengan panggung bangku, menceritakan kembali sebuah cerita dengan jalinan yang benar, mendengarkan syair dan mampu mengulang kembali, dan menceritakan isi gambar seri.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Azwar, Saifudi. 2010. metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartati. Sofia. 2005. Perkembangan Balajar pada AUD. Jakarta: Depdiknas.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Lara, Fridani. 2009. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta:Universitas Terbuka.
Ningsih, Jati Sri. 2013. Penilaian Aspek Bahasa Anak. Karya ilmiah. Program studi Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Rachmawat, Yeni dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono.2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Turisqoh, Futicha.2011. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Membacakan Buku Cerita Anak Kelompok B di TK Islam Miftahul Ulum Gumayun. Karya Ilmiah. UPTDDIKPORA Kecamatan Dukuhwaru. Tegal Jawa Tengah.












