EFEKTIVITAS APE KARTU KATA BERGAMBAR DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA CEMORO

Authors

  • Muhammad Saufi Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Riris Wahyuningsih Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Jon Iskandar Bahari Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5545

Keywords:

Language Development, Picture Word Cards

Abstract

Language development in children is the ability to express language orally, both recognizing pictures, symbols of the letters of the alphabet, spelling and reading vocabulary as well as the ability to communicate. This study aims to describe the effectiveness of the picture word card educational game tool in language development for children aged 5-6 years at RA Miftahul Huda Cemoro. The place and time of this research was conducted on Jl. General Sudirman No. 02 Cemoro Hamlet, Balak Village, Songgon District, Banyuwangi Regency. This study uses qualitative descriptive research from data obtained through interviews, observation and documentation. The data analysis technique used the Miles and Huberman model. The stages in learning activities carried out through the application of pictorial word card educational game tools, namely the planning stage, the implementation stage and the evaluation stage. At the evaluation stage the teacher uses a checklist assessment. From the results of the final accumulation of assessments using 4 indicators that have been determined as a reference for assessment, there were 8 children who achieved BSB scores (developed very well) and 2 children achieved BSH scores (developed as expected). This shows that the application of picture word card educational games can stimulate the development of language skills in children optimally.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halimatonsakdiah. 2016. Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung APE Flashcard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeuma Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. No1.

Ismundari, Lilis. 2014. Pembelajaran dengan Media Kartu Kata Bergambar dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok B TK Hawila Puri Perum Taman Pondok Indah Wiyung Surabaya. Skripsi. Surabaya. Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Fakultas

Komachali, M. Eslahcar. 2012. The Effect of UsingVoabulary Flashcard On Iranian Pre-University Students” Vocabulary Knowledge. Journal International Education Studies. Vol 5. No 3.

Marputri, Rizka. 2016. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Di Paud Nurul Hidayah Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1.

Nasution, H. Khoirina. 2018. Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk IT Nurul ‘Ilmi Medan. Jurnal Raudhah Vol 6. No 1.

Nurcahyani, Nita. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Menjepit Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Astiti Dharma Pada Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Kuta. Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Dhyana Pura Bali.

Pangastuti, R. 2017. Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui MediaKartu Huruf. Journal Of Early Childhood Islamic Education. Vol 1. No 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) No 137 Tahun 2014. Tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rahayu, Sri. 2017. Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Rahmalya, Kirana. 2019. Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanank-kanak Al-Kaustar Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung. Progam Studi Pendidikan Islam Pendidikan Anak Usia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahman, Budi. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2, Jurnal Prima Edukasia, Vol 2, No 2.

Romlah. 2018. Audio visual Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 5. No 2.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhrianati. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Bergambar Siswa Kelas 1, Jurnal Sagacious , Vol 3, No 1.

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran untuk Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta penjelasannya. Bandung: Citra Umbara.

Wardhani, Komang Y. T. 2013. Penerapan Metode Bilingual Berbantuan Media Flascard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Kelompok B2 Di TK Saiswa Dharma Singaraja Pada Tahun Pembelajaran 2012/2013. Skripsi. Singaraja. Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Yasbiati, dkk. 2017. Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar UntukMeningkatkan Penguasaan Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B. Jurnal PAUD Agapedia. Vol 1. No 1.

Zahro, Ifah Fatimah. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. 1 (1) (Online). http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id. Diakses pada tanggal 17 Mei 2022 puku 17.17 WIB

Downloads

Published

2022-11-25