Main Article Content

Abstract

This study aims to determine how the implementation of the Iqro method in introducing
hijaiyah letters at the 4-5 years age students in RA Perwanida II Mataram. This study
used a descriptive qualitative research approach in order to obtain broad and in-depth
information about purpose of the study. The data source in this study were the principal
of RA Perwanida II Mataram, teachers of group A class students, parents of group A
students. The data collection used observation, interview, and documentation. The
results showed that the implementation of the Iqro method in introducing the hijaiyah
letters in children consisted of planning, implementation, and evaluation. The use of the
iqro method provides a basic understanding of the hijaiyah letters and the ease of
distinguishing letters properly and correctly, both sequentially and randomly. The iqro
method also has advantages, such as it is easy to understand and use, while the
disadvantages are that it cannot be read with tartil rhythms and is not taught tajwid
readings.

Keywords

Iqro Method Hijaiyah Letter Early Childhood

Article Details

How to Cite
Sari, A., Djuaini, D., & Qadafi, M. (2020). Islamic EduKids, 2(02), 14-26. https://doi.org/10.20414/iek.v2i02.2888

References

Aisyah Putri. 2015. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar
PendidikanAnakUsiaDini:Jakarta:http://mediafilependidikan.blogspot.co.id./20
15/06/permendikbud-no-137-tahun-2014 –tentang.html.
Alam Tombak. 2015. Ilmu Tajwid, Jakarta: Amzah.
Andi Praowoto. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan
penelitian: Yogyakarta : AR-Ruzz Media.
As-ad Humam.1990. Buku Iqro’ Cara Cepat Membaca Al-qur’an: Yogyakarta: Balai
Litbang.
Ckolid Narbuko. 2009. Metodologi Penelitian: Jakarta :Bumi Aksara.
Deddy Mulyana. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Eko Putro Widoyoko. 2012.Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian: Yogyakatra:
Pustaka Belajar.
Fitri Iqomah. 2018.“ Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah di
TK se-Kecamatan Samigaluh Kulun Progo”. Jurnal Pendidikan, Vol. 11.
Halimah dkk. 2016. “Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode
Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6 Tahun”: Artikel Halimah FKIP UNTAN.
Hamzah. 2006. Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Lexy J. Moleong.2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Lina Amelia dkk. 2017. “Evektifitas Metode Iqro’ Modifikasi dengan TeknikPembiasaan
dalam Meningkatkan Kemampuan mengenal Hiruf Hijaiyah Anak Usia Dini di
KB PAUD Melati Banda Aceh”. Vol. 3, Nomor 2.
Lubna. 2009. Mengurai Ilmu Pendidikan Islam. Mataram: LKIM Mataram.
Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Meda:Perdana Publishing.
Mukhlis. 2015. Pengantar Metodologi Islam. Mataram: LEPPIM IAIN Mataram.
Nur Handayani. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemapuan Mengenal Huruf Hijaiyah
Melalui Media Gambar di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan
Tahun 2013/2014 :Skripsi, Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Otong Surasman. 2013. BBM Alquran: Metode As-Surasmaniyyah. Jakarta: Gema
Insani.
Retno Susilowati2013. Pemahaman Gaya Belajar pada Anak Usia Dini.
Rini Astuti. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-qur’an pada Anak Attention
Deficit Disorder melalui Metode Al-barqy Berbasis Applied Behavior Analysis.
November.
Srijatun. 2017. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an dengan Metode Iqro
Pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal”. Jurnal:
Pendidikan.
Srijatun, 2017. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-qur’an dengan Metode
Iqro’ pada Anak Usia Dini RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal”. Jurnal:
Pendidikan.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tsaqifa Taqiyya Ulfah dkk. 2019. “Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran
Membaca Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, Nomor 2.