MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI TK NEGERI 3 TALIWANG

Authors

  • Firyal Hasna Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muammar Qadafi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Jumrah Jumrah Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i2.4673

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen

Abstract

Pertumbuhan lembaga PAUD semakin pesat, namun tidak diimbangi dengan peningkatan
kualitasnya, sehingga berdampak pada eksistensi lembaga. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui implementasi dan implikasi manajemen pendidik dan tenaga
kependidikan di TK Negeri 3 Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif, metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap implementasi manajemen pendidik dan
tenaga kependidikan terdiri dari perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan
berdasarkan kriteria yang ditetapkan lembaga. Implikasinya adalah meningkatkan
kemandirian guru dalam merancang program, meningkatkan tanggung jawab guru
terhadap masyarakat dan orangtua, sekolah semakin berkembang dengan prestasi
pendidik dan tenaga kependidikan, serta terjadi peningkatan jumlah murid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audrey Alqa Annisa. (2018). PengaruhKualitas layanan Pendidikan Lembaga PAUD terhadap Tingkat Kepuasan Orangtua di Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Skripsi, Fakultas Kependidikan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Basrowi dan Suwandi. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_13_07.pdf

http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendiknas%20No%2016%20Tahun%202007.pdf

Imam Nawawi, Terjemahan Hadist Arba’in, Semarang: Pustaka Nuun,2016

Inas Widyanuratikah,“Guru PAUD Didorong Memiliki Gelar S1”, https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/pndlcl423/guru-paud-didorong-miliki-gelar-s1

Novan Ardy Wiyani. 2016. Konsep Dasar PAUD.Yogyakarta: Gava Media.

Novan Ardy Wiyani. 2017. Manajemen PAUD Berdaya Saing.Yogyakarta: Gava Media.

Novan Ardy Wiyani. 2015. Manajemen PAUD Bermutu Konsep dan Praktik MMT di KB,TK/RA.Yogyakarta:Gava Media

Maman Sutarman. (2016).Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Filosofi, Konsep, Prinsip dan Aplikasi.Bandung: Pustaka Setia.

Ma’mur Asmi Jamal. (2015) Panduan Praktis Manajemen Mutu Pendidik PAUD Melejitkan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Diva Press.

Pusat data dan teknologhi informasi kementerian pendidikan dan kebudayaan, https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php. diunduh pada tanggal 16 Desember 2019 pukul 19: 30 WITA.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang Bersifat: eksploratif, enterpretatif, interaktif dan konstrukif. Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2017. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ufi Nihayatin, Niami. 2017. Manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Imdad Bantul Yogyakarta.Skripsi,FITK UIN Sunan KalijagaYogyakarta, Yogyakarta

Yogi Ardi, “kemendikbud: saatnya meningkatkan kualitas PAUD”, https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/01/25/p32tnn354-kemendikbud-saatnya-meningkatkan-kualitas-paud.

Downloads

Published

2022-01-13