PEMBERIAN REWARD BAGI SISWA BERPRESTASI SEBAGAI STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALMA'SOEM BANDUNG

Authors

  • Desya Eky Khuliani IAIN Kudus
  • Shilfiyan Naharin
  • Rakanita Dyah Ayu Kinesti
  • Fanny Fahrida
  • , Faza Nuril Ulya Khoirina
  • Zuyyinatul Ulfa

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4025

Keywords:

Strategi, Belajar, Siswa berprestasi

Abstract

Pemanfaatan strategi pembelajaran adalah main keys dalam menentukan kualitas
pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang strategi
guru kelas dalam memberikan reward bagi siswa berprestasi di SD Al-Ma'soem Bandung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai
metode pengumpulan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi trategi yang digunakan
guru kelas adalah inovasi dan kreatifitas yang dipresentasikan melalui kebijakan Penegakan disiplin
kelas, optimalisasi peran wali kelas, serta pemberian reward verbal dan non verbal. Melalui strategi
tersebut, proses pembelajaran di SD Al-Masoem berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, kerjasama
antara guru, siswa dan komite sekolah bekerjasama sehingga tercipta kondisi pembelajaran yang tertata,
dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-22