PEMBERIAN REWARD BAGI SISWA BERPRESTASI SEBAGAI STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI SD ALMA'SOEM BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4025Keywords:
Strategi, Belajar, Siswa berprestasiAbstract
Pemanfaatan strategi pembelajaran adalah main keys dalam menentukan kualitas
pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang strategi
guru kelas dalam memberikan reward bagi siswa berprestasi di SD Al-Ma'soem Bandung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai
metode pengumpulan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi trategi yang digunakan
guru kelas adalah inovasi dan kreatifitas yang dipresentasikan melalui kebijakan Penegakan disiplin
kelas, optimalisasi peran wali kelas, serta pemberian reward verbal dan non verbal. Melalui strategi
tersebut, proses pembelajaran di SD Al-Masoem berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, kerjasama
antara guru, siswa dan komite sekolah bekerjasama sehingga tercipta kondisi pembelajaran yang tertata,
dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.


