PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.20414/elmidad.v10i2.777Keywords:
Intensitas Penggunaan Media Sosial, Karakter, Siswa MINAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan
media sosial terhadap karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post
facto, yang dilakukan di MIN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian terdiri dari
keseluruhan siswa kelas V yang berjumlah 75 siswa dengan sampel 62 orang. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan skala likert.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif
yang digunakan berupa tabel, persentase dan kategorisasi. Selanjutnya statistik inferensial yang
digunakan berupa analisis regresi sederhana, korelasi product moment dan koefisien determinan,
dan uji signifikansi, yang diawali dengan pengujian persyaratan/asumsi yaitu uji normalitas dan
uji lineritas data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa “Tidak ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap
karakter siswa kelas V MIN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018”. Hal ini dapat dilihat dari hasil
uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dari hasil perbandingan F
hitung = 2,68 dan nilai F tabel = 4,00 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H
0 diterima dan Ha ditolak. Tidak berpengaruhnya intensitas penggunaan media sosial terhadap karakter siswa MIN 2 Mataram
tahun ajaran 2017/2018 adalah karena terdapat faktor lain yang lebih besar dan menutupi faktor
intensitas penggunaan media sosial tersebut.


