IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Sabahiyah Sabahiyah STKIP HAMZAR
  • Nurul Iman IKIP Mataram
  • Khairul Huda IKIP Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v10i2.779

Keywords:

kooperatif make a match, motivasi, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif make a match
pada kelas IV Madrasah IbtidaiyahI Maraqitta’limat Mamben Lauk kecamatan Wanasaba
kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus, tiap siklus terdapat empat fase kegiatan yaitu, fase perencanaan (planning),
fase pelaksanaan (action), fase observasi/pemantauan (observation), dan fase refleksi (reflection).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Maraqitta’limat Mamben Lauk
sebanyak 28 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Data mengenai motivasi diperoleh
melalui penyebaran angket dan data mengenai hasil belajar diperoleh melalui tes berbentuk
pilihan ganda, setelah data-data tersebut terkumpul kemudian dianalisis secara deskritif. Data
motivasi dan hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I rerata motivasi
belajar siswa 29.82 berada pada kategori baik dan pada siklus II sebesar 32.79 dengan kategori
sangat baik sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata sebesar 68.77 dengan
ketuntasan sebesar 71% (tidak tuntas) dan pada siklus II sebesar 72.89 dengan ketuntasan
sebesar 93% (tuntas). Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian ini, maka dapat
disimpulankan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif make a match dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Maraqitta’limat Mamben Lauk kecamatan Wanasaba kabupaten Lombok Timur tahun
pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles