Main Article Content

Abstract

This study aims to illustrate how efforts to improve teacher performance as the impact of madrasa accreditation policies. This research is a descriptive qualitative research. Data collection through in-depth interviews, observation, and documentation and analyzed using the model of Miles and Huberman.  The results of this study illustrate that efforts to improve the performance of education practitioners are carried out through the creativity and innovation of education practitioners both principals, teachers and administrative staff, besides that they are also carried out through madrasa collaboration programs with the Ministry of Religion and local government. The madrasa programs in optimizing the quality of course by preparing various facilities and infrastructure of institutions and continually provide guidance for all components of the madrasah which overall madrasa program received good appreciation from the foundation as well as from the community and government. Through improving the performance of the teacher can improve the quality of accreditation preparation.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang upaya peningkatan kinerja guru sebagai dampak dari kebijakan akreditasi madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa upaya peningkatkan kinerja para pelaku pendidikan dilakukan melalui kreatifitas dan inovasi para pelaku pendidikan baik kepala sekolah, para guru maupun staf administrasi, disamping itu juga dilakukan melalui program-program kerjasama madrasah dengan kementerian Agama dan Pemda setempat. Adapun program-program madrasah dalam mengoptimalkan kualitas tentu dengan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana lembaga dan scara kontinyu melakukan pembinaan-pembinaan bagi seluruh komponen madrasah yang secara keseluruhan program madrasah mendapat apresiasi yang baik dari pihak yayasan maupun dari kalangan masyarakat dan pemerintah. Melalui peningkatan kinerja Guru dapat meningkatkan kualitas persiapan akeditasi.


 

Keywords

Teacher performance madrasa accreditation private madrasa

Article Details

References

  1. Shaleh, Abdul Rachman. 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan watak Bangsa. Jakarta: Grafindo Persada.
  2. Anoraga. 1998. Psikologi Industri dan Sosial. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
  3. Alma. Buchari. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan; Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Al-Fabeta.
  4. Departemen Agama RI. 2005. Pedoman Akreditasi Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag RI.
  5. Departemen pendidikan Nasional. 2002. Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Madrasah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah.
  6. Dinas pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Akreditasi Madrasah dan Pembelajaran Tematik Semaramg: Grafindo Persada.
  7. Sulisworo, Dwi. t.t. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Lembaga Pendidikan dengan Balanced Score Card. Semarang: Sindur Press.
  8. Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan; Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  10. Himpunan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.
  11. Mainudin. 1994. Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum yang Menjamin Tercapainya Lulusan yang Kreatif dalam Konvensi Nasional, Jakarta: Gramedia Wicaksana.
  12. Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.