Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas problematika dan solusi perkembangan Anak Usia Dini (AUD) TK Aisyiyah Bustanul Atfal Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis Mills & Hubberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian bahwa pendidikan anak usia dini merupakan masa emas yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang. Guru dan orang tua wajib untuk melihat perkembangan anak, karena upaya untuk menstimulus anak sejak dini sangat penting. Dan betapa ruginya keluarga, atau orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memahami pertumbuhan dan perkembangan anak, dan mengerti akan kebutuhan anak sesuai dengan umurnya, tanpa harus memaksa anak dengan kekerasan. Tetapi mendidik anak dengan menyenangkan serta penuh dengan cinta dan kasih sayang.


Kata kunci: Problematika, solusi, perekembangan anak usia dini, taman kanak-kanak, TK Aisyiyah


Title: Early Childhood Development (AUD) at  TK Aisyiyah Kindergarten: Problems and Solutions


Abstract: This research intends to examine the problematics and its solutions in early childhood developmental (AUD) at TK Aisyiyah Bustanul Atfal Sapen Yogyakarta. This study uses a qualitative approach with type of case study. The collecting data uses observation, interview and documentation. While data analysis uses data reduction, data presentation and verification. The results of research that early childhood education is primal period and only comes one time and can’t be repeated. Teachers and parents are obliged to behold physical development of the child, both teachers and parents efforts to stimulate for children. Therefore, as parents must be understand growing and developmental cognitive and psychomotor of their children, and also should understand what children need according to their age, without having forces or violence.

Keywords

Problematika solusi perekembangan anak usia dini taman kanak-kanak TK Aisyiyah

Article Details

References

  1. Lely Halimah, Lely. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia DIni, Bandung: Refika Aditama, 2016.
  2. Hasan, Maimunah. Hasan, PAUD (Pendididkan Anak Usia Dini), Banguntapan Jogjakarta: 2010.
  3. Latif, dkk., Mukhtar. Latif, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2013.
  4. Ray Levy, Ray. Cara Membesarkan Anak yang Suka Melawan Tanpa Harus Hilang Kesabaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
  5. Marcia, Menyiapkan Anak Untuk Sukses di Sekolah dan Kehidupan, Jakarta: Indeks, 2013.
  6. Seto Mulyadi, Seto. Seri Cerdas Emosi: Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya, Jakarta: Erlangga, 20040.
  7. Pamilu, Anik., Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, Yogyakarta: Citra Media, 2007.
  8. Wiwien Dinar Prastisti, Wiwien Dinar. Psikologi Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2008.
  9. Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
  10. Julia Maria Van Tiel, Julia Maria Van. Deteksi dan Penangana Anak Cerdas Istimewa, Jakarta: Prenada, 2015.
  11. Chris Verdiansyah, Chris. Membangun Komunikasi Bijak Orangtua dan Anak, Jakarta: Gramedia, 2007.
  12. Cynthia Whitham, Cynthia. Mengatasi Rengekan & Perilaku Buruk Anak, Jakarta: Gramedia, 2003.
  13. Novan Ardy Wiyana, Novan Ardy. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2014.
  14. Teguh Wiyono, dkk., Teguh. Rahasia Mendidik Anak Cerdas, Jakarta Selatan: Suka Buku, 2013.