Narasi Islamisme dan Pesantren: Pola Penolakan Islam Politik Di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo

Authors

  • herlambang andi aji UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1623

Keywords:

Islamisme, pesantren, Negara-bangsa

Abstract

Abstrak: Polemik yang terjadi antara agama dan negara-bangsa sangat recurrent dan berpotensi menguat ketika terjadi beberapa perubahan penting dalam lanskap politik. Pesantren merupakan salah satu benteng terhadap narasi Islamisme. Setiap pesantren memiliki pola penolakan yang berbeda. Fokus penelitian ini adalah pola penolakan narasi Islamisme di pondok pesantren modern Gontor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan narasi Islamisme dan pola penolakannya di Pondok Modern Darussalam Gontor. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografis dalam pengertian untuk memahami praktik serta kehidupan individu sebagai bagian dari komunitas serta cangkupan yang lebih luas, dengan subjek penelitian adalah religious scholar yang merupakan orang-orang yang berlatar belakang pendidikan agama secara formal di Pondok Modern Darussalam Gontor. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menghadapi narasi Islamisme masyarakat Pondok Modern Darusalam Gontor menggunakan wacana Islam moderat puritan (puritanical moderat Islam) aksepsionis dengan kacamata Islamisasi politik. Islamisasi politik bukan berarti ingin merobohkan ideologi NKRI, tetapi tetap menerima konsep negara-bangsa NKRI, termasuk ideologi Pancasila, hanya saja lebih memperjelas dasar dan tujuan-tujuan yang sesuai dengan Islam dengan bersikap semi-rejeksionis terhadap interpretasi pemerintah yang kontroversial.

Kata Kunci: Islamisme, Pesantren, Negara-Bangsa

Title: The Narration of Islamism and Pesantren: Pattern of Rejection of Islamic Politics at Pondok Pesantren Gontor Ponorogo

Abstract: The polemic between religion and the nation-state is very recurrent and has the potential to strengthen when there are some important changes in the political landscape. Pesantren is one of the strongholds against the narrative of Islamism. Each pesantren has a different pattern of rejection. The focus of this study is the pattern of rejection of the narrative of Islamism in the modern boarding school of Gontor. The purpose of this study is to explain the narrative of Islamism and its patterns of rejection in Pondok Modern Darussalam Gontor. The research method used is ethnographic in the sense of understanding the practice and life of individuals as part of a wider community and scope, with research subjects being religious scholars who are people with a formal religious education background in Pondok Modern Darussalam Gontor. The results showed that in facing the narrative of Islamism, the people of Pondok Modern Darusalam Gontor used a puritanical (puritanical moderate Islam) discourse of Islam in terms of political Islamization. Political Islamization does not mean that it wants to break down the ideology of the Unitary Republic of Indonesia, but still accept the concept of the NKRI nation-state, including the ideology of Pancasila, only to clarify the basis and objectives in accordance with Islam by being semi-rejectionist towards a controversial interpretation of government.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dale F. Eickelman, James Piscatori. Muslim Politics. Princeton: Princeton University Press, 1996.

Fithriah, Nor. “Kepemimpinan Pendidikan Pesantren (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, Dan Kombinasi).” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (October 5, 2018): 13.

Iman Fadhilah, Syaifuddin, Retno Mawarini. “Narasi Dan Politik Identitas: Pola Penyebaran Dan Penerimaan Radikalisme Dan Terorisme Di Jawa Tengah.” Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi 2 (2016).

Jhon W. Creswell. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Kepel, Gilles. Jihad: The Trail of Political Islam. Translated by Anthony F. Roberts. Edition Unstated edition. Cambridge, Mass: Belknap Press: An Imprint of Harvard University Press, 2003.

Kholiludin, Tedi. “Islamisme, Pos-Islamisme Dan Islam Sipil: Membaca Arah Baru Gerakan Islam.” IQTISAD 3, no. 1 (October 1, 2016): 52.

Moch Nur Ichwan, Nina Mariani Noor. Arah Baru Majelis Ulama Indonesia (MUI). 1st ed. Yogyakarta: Pusat Pengkajian Islam, Demokrasi, dan Perdamaian (PusPIDeP), 2019.

Najib kailani & Sunarwoto. Televangelisme Islam Dalam Lanskap Otoritas Keagamaan Baru. 1st ed. Yogyakarta: Pusat Pengkajian Islam, Demokrasi, dan Perdamaian (PusPIDeP), 2019.

Nashir, Haedar. “Sekuralisme Politik Dan Fundamentalisme Agama: Ketegangan Kreatif Hubunan Agama Dan Politik.” Unisia 25, no. 45 (April 14, 2002): 154–163.

Noorhaidi Hasan. Islam Politik Di Dunia Kontemporer: Konsep, Genealogi, Teori. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press, 2012.

Peter Mandaville. Global Political Islam. London dan New York: Routledge, 2007.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. Misykat: Refleksi Tentang Islam, Westernisasi & Liberalisasi. Cet. 1. Jakarta: Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations, 2012.

Downloads

Published

2020-01-22