Integrasi Keilmuan dalam Penyelenggaraan STIKES di Ponpes Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.20414/jpk.v9i1.1798Keywords:
integrasi ilmu, pesantren, single entity, epistimologiAbstract
Abstrak: kehadiran STIKES di Ponpes Qamarul Huda, menunjukkan bahwa integrasi keilmuan bukanlah wacana dan upaya milik akademisi PTAI an sich, namun kini pesantren telah memberanikan diri untuk melakukan perubahan epistimologi yang jauh lebih mendasar dibandingkan PTAI. Mendalami fenomena ini, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penyelenggaraan STIKES di Ponpes Qamarul Huda Bagu dilatarbelakangi oleh multi faktor, yaitu faktor sosial ekonomi masyarakat, perubahan paradigma keagamaan, dinamika pendidikan baik eksternal maupun internal Ponpes Qamarul Huda, dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang memadai; Kedua, berbagai strategi yang dilakukan untuk integrasi keilmuan belum mencerminkan upaya yang sistematis dan integral dalam proses akademis.; dan Ketiga, implikasi dari ketidaksistematisan berbagai upaya yang dilakukan tersebut, struktur keilmuan di STIKES Qamarul Huda merupakan adopsi secara utuh struktur keilmuan kesehatan an-sich, sementara muatan keilmuan keislaman yang tertuang dalam Mata Kuliah Aswaja ditempatkan sebagai suplemen yang tidak memiliki signifikansi. Secara kelembagaan integrasi antara pesantrean dan perguruan tinggi umum di Ponpes Qamarul Huda masih terbatas pada integrasi kelembagaan, belum masuk ke integrasi yang lebih substansial yaitu integrasi keilmuan. Integrasi keilmuan masih mencerminkan model single entity dimana ilmu agama Islam yang tercantum dalam Awaja masih berdiri sendiri dengan bobot yang masih terbatas.
Abstract: Presence of STIKES in Ponpes Qamarul Huda, indicating that integration of science is not discourses and the effort of academician of PTAI itself, but nowadays Pesantren has make a change much more in the based on epistemology compared than PTAI. To comprehend this phenomenon, the method used is descriptive qualitative. The result of research indicate, firstly, management of STIKES in Ponpes Qamarul Huda Bagu which has background by factor multi, that is social factor of social economics, religious paradigm, dynamics education of goodness external and internal of Ponpes Qamarul Huda, and social need toward of adequate health; secondly, various strategy has conducted for the integration of science is not yet reflected in systematic effort in integral and academic process; and third, the implication of various itself, the science structure in STIKES Qamarul Huda represent a adoption the structure health science whereas concern in Islamic education with Aswaja program as supplement which do not have significances. As Institute regulation the integration between public college and Ponpes Qamarul Huda is still limited in institute integration, it is not more integration as substantial that is integration science. Integration science still express in single model where Islam theology which is contained in Awaja still self supporting which still limited subject.
Downloads
References
Agus Wahaji, Qamarul Huda Simbol Baru Perjuangan NU di NTB, Lombok Post, 31 Agustus 2010.
Ardana, dkk. Metodologi Penelitian Pendidikan, UMN Malang, 2001
Abdullah, M. Amin dkk., Islamic Studies Dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi (Sebuah Antologi). Yogyakarta: Suka Press, 2007.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos, 1999
Azizy, Qodri Abdillah, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2002
Ahmad, Khursid, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo, 1999
Burhan, Wildan, Modernisasi Pesantren, Antara Tuntutan dan Ancaman, Majlis Fathul Hidayah, 2009
Brunessen, Martin, NU Tradisi, Relasi Kuasa Pencarian Wacana Baru, Yogyakarta : LKIS, 1994
Fadjar, Malik, Sintesa Perguruan Tinggi dengan Pesantren Upaya Menghadirkan Wacana
Pendidikan Alternatif, dalam Quo Vadis Pendidikan Islam Malang, Cendikia Paramulya, 2002
Faiz, Fahrudin, Islamic Studies di IAIN Sunan Kalijaga dan Hubungannya dengan Ilmu-ilmu Lain: Sebuah Kajian Menuju UIN, Jurnal Penelitian Agama Vol.XIV, No. 1, 2005
Furqon, Arif, Sudah saatnya PTAIS Mendapatkan Perhatian, Swara Ditpertais No. 15, 2004
______, Pembenahan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Agama Islam, Swara Ditpertais No. 4, 2005
Huda, Miftah, Model Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Berbasis Kultural di Jawa Timur, Lemlit Universitas Islam Negeri Malang, 2006 /www.drhmiftahulhuda.blogspot.com
Kuntowijaya, Paradigma Islam, Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991
Maman, U, Dikotomi dan Integrasi Ilmu, dalam http:/www.pusbangsitek.com, 2011
Milles, Mathew dan Michael Huberman, Analisi Data Kualitatif, Universitas Indonesia, Jakarta,1992.
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, PSAPM, Surabaya, 2003
Natsir, M dan M, Saleh, Tuan Guru dan Pesantren (Pergeseran Peran dan Fungsi sebagai Pendidik di Lombok Tengah, (Laporan Penelitian), Lemlit IAIN Mataram, 2007
Neisbit, John dan Patricia Aburdene, Ten New Direction fo The Megtrends, Jakarta: Bina Aksara, 2000
Prasodjo, Soedjoko, Profil Pesantren, Laporan Hasil Penelitian Pesantren Al-Falah dan Delapan Pesantren lain di Bogor, Jakarta, LP3ES, 1997
Qomar, Mujammil, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga, Jakarta, 2005.
Saparudin, Eksistensi Tuan Guru dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Lombok, Jurnal Ulul Albab UMM Vol. 2, 2007
Steenbrink, Karel, Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Pendidikan Islam Kurun Modern , alih bahasa; Abdurrahman (Jakarta; LP3ES, 1986)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, Alfabeta, Bandung, 2005
Sutrisno, Problem Dikotomi Ilmu dalam Islam: Upaya Integrasi Ilmu di UIN Sunan Kalijaga), Jurnal Penelitian Agama Vol.XIV, No. 1, 2005
Toyyar, Huzni, Model-Model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam, 2011
Ziemek, Manfred, Pesantren Dalam Perubahan, (Alih bahasa :BB.Soendjono) Jakarta: P3M, 1986
Brosur Penerimaan Mahasisw Baru STIKES Qamarul Huda Tahun Akademik 2012/2013
STIKES Qamarul Hudan, Pedoman Akademik STIKES Qamarul Huda 2012
______, Pedoman Praktikum masing-masing jurusan tahun 2011.
______, Profile STIKES Qamarul Huda, www.stikesqamarulhuda.ac.id.
______, Katalog Perpustakan STIKES Qamarul Huda Bagu, 2012
IAIQ Huda, Pedoman Akademik Institut Agama Islam Qamarul Huda, 2007
Pemda NTB, Nusa Tenggara Barat dalam Angka 2009
Dokumen Evaluasi Diri, IAI dan STIKES Qamarul Huda Bagu, 2012








