Pengembangan Masyarakat Melalui Pesantren di Lombok Ditinjau dari Perspektif Pendidikan

Authors

  • Lubna Lubna UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/jpk.v9i1.1799

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini berusaha menggali potensi dan peran pesantren dalam pengembangan

masyarakat di pulau Lombok dengan menelusuri gagasan awal, sosialisasi dan aktualisasi

gagasan program pengembangan masyarakat melalui pesantren serta meninjau esensi program

pengembangan

masyarakat

yang

dilaksanakan

pesantren

dari

perspektif

pendidikan.

Penelitian

eksploratif

ini

menggunakan

pendekatan

kualitatif

fenomenologis.

Hasil

studi

ini

menemukan

bahwa

gagasan

awal

program

pengembangan

masyarakat

di

pulau

Lombok

memiliki

corak

yang

variatif

dan

ditempuh

dengan

dua

model

sosialisasi

yaitu

pendekatan

individual

dan

kelembagaan.

Aktualisasi

program

diwujudkan

melalui

berbagai

wadah

atau

lembaga

pengembangan

yang

ada

di

lingkungan

pesantren

dengan

para

Tenaga

Pengembang

Masyarakat

berperan

sebagai

motivator,

komunikator

fasilitator

dan

dinamisator.

Jenis

program

 

pengembangan meliputi; kesehatan, lingkungan hidup, pembinaan dan

pengembangan ekonomi masyarakat, pertanian dan sarana pendukungnya. Fokus sasarannya

adalah santri dan masyarakat di lingkungan pesantren. Esensi program pengembangan

masyarakat melalui pesantren, bila ditinjau dari perspektif pendidikan mengimplisitkan

terapan beberapa prinsip dasar pendidikan andragogi.

Abstract: This research try to discover the potency and the role of pesantren in development

of

Lombok

society

by

early

tracing

idea,

socialization

and

actualization

of

program

idea

in

development

of

society

also

to evaluate

the

essential

of

development

program

of

pesantren society in education perspectives. This explorative research use qualitative phenomenology

approach.

The

result

of

this

study

is

early

idea

of

development

program

in

Lombok

society

which

is

variety

pattern

and

search

by

two

socialization

models

there

are

individual

approach

and

institution.

The

actualization

program

realize

by

various

institutions

 

or  development of institution which has been existing in pesantren environment

with all Developer of Society as motivator, communicator, and facilitator of dynamisator.

The programs types cover; health, environment, construction and economic expansion of

society and other agriculture support. It is focusing in santri and pesantren society. The

essential of development society program through] pesantren, if it evaluate from education

 

perspective which apply implicit of some elementary principles of education of

andragogi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-09

Issue

Section

Articles