Main Article Content

Abstract

 


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik pada kelas 4 MIN 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 4, siswa kelas 4, dan Kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) guru dan kepala sekolah mengetahui tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik, 2) guru melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik yang mencakup 5 M pada tema cita-citaku yaitu: mengamati menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran sudah terlaksana, 3) adanya hambatan yang ditemui dalam implementasi pendekatan saintifik yaitu, keberanian siswa dalam bertanya kurang, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang berani untuk mengajukan pertanyaan. 


Abstract: This study aims to describe the implementation of scientific approach in thematic learning in 4th   grade of MIN 1 Malang. This is a descriptive research. The subjects of this research are 4th grade teachers, 4th grade students, and the principal. Data collection techniques used were observation, interview, and documentation study. Data were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusions. The technique of examining data validity using triangulation of sources. The results of research showed that: 1) the teachers and the principals know about the implementation of scientific approach in thematic learning; 2) the teacher implemented the scientific approach in thematic learning, which includes 5 M on the theme ‘my goals’ namely observing, questioning, reasoning, trying, and communicating, the students do in the learning process has been done; 3) the obstacles encountered in the implementation of the scientific approach that is the less students’ courage in asking, and during the learning process students are less courageous to ask questions. 

Keywords

implementasi pendekatan saintifik pembelajaran tematik

Article Details

References

  1. Suryosubroto. 2010. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Sholeh Hidayat. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda, 2013.
  3. Ridwan Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Jiwa, I W, “Pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi Belajar pada siswa kelas iv gugus empat Di kecamatan gianyar.” EJournal 3Tahun 2013. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.
  5. Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013.Yogyakarta, 2014.
  6. Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.
  7. Hesty. Implementasi Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan
  8. Dasar Siswa Sekolah Dasar. Abstrak Hasil Penelitian LPMP Kepulauan Bangka Belitung. 2008. Pangkalpinang: LPMP Pangkalpinang.
  9. M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.