Main Article Content

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, timbulnya suatu persaingan dalam bidang apapun adalah suatu hal yang lazim adanya. Untuk itu lah pentingnya suatu peraturan diciptakan. Peraturan ini diciptakan untuk menjamin persaingan yang ada berjalan secara wajar dan dalam batas-batas yang sudah disepakati bersama, serta memantau tingkah laku atau etika dari para pelaku. Penelitian ini memberikan gambaran umum tentang konsep etika dalam berbisnis dan secara khusus akan lebih memfokuskan pada konsep etik bagaimana seharusnya bersaing secara sehat dan baik dalam menjalankan usaha.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dunia bisnis seperti halnya dunia politik umumnya disebut orang sebagai dunia yang tidak beretika (a moral) dan bukan tempatnya membicarakan etika dalam dunia bisnis. Namun dalam perkembangannya ternyata dalam batas-batas tertentu mulai disadari akan pentingnya suatu etika dalam berbisnis. Dan suatu etika tidak bisa ditegakkan kecuali dengan diformalkannya aturan tentang etika tersebut menjadi sebuah peraturan resmi atau UU.

Keywords

Etika Persaingan Usaha Undang-undang

Article Details

How to Cite
Tanwir, T. (2020). Konsep Etika Memenangkan Persaingan Usaha. Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 10(1), 57–78. https://doi.org/10.20414/mu.v10i1.2782

References

  1. Ahmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta. Pustaka al-Kautsar
  2. Badroen, Faisal. At all. 2006. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta. Kencana
  3. EtikaBisnis dan BisnisBeretika. http://nofieiman.com/2006/10/etika-bisnis-dan-bisnis-beretika/
  4. Muhamad. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta. UPP AMP YKPN
  5. Muhamad & Alimin. 2004. Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta. BPFE UGM.
  6. Bambang Rudito dan Malia Famiola, Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia.
  7. Rafik Issa Beekum, Etika Bisnis Islami. (Terjemah). 2004. Yogyakarta. PustakaPelajar
  8. Muslich, Etika Bisnis Islami. 2004. Yogyakarta. Ekonisia
  9. Nugroho, Alois A. 2001. Dari Etika Bisnis ke Etika Ekobisnis. Jakarta. Garasindo
  10. Rudito, Bambang & Malia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Bandung. Rekayasa Sains.
  11. Qardhawi Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta GemaInsani Press
  12. Muh. Arief Effendi. MewujudkanPersaingan Usaha Yang SehatLewat Good Corporate Governance. http://muhariefeffendi.wordpress.com/2007/11/07
  13. Mardiharto Tjokrowasito, Kebijakan Persaingan Pada Industri Jasa Penerbangan Dilihat Dari Persfektif Perlindungan Konsumen. www.dephub.go.id
  14. KPPU http://id.wikipedia.org/wiki/monopoli
  15. Undang Undang No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha TidakSehat. E-Book
  16. Rachmadi Usman, Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. 2004. Jakarta. Gramedia
  17. Insan Budi Maulana. Catatan Singkat UU No.5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
  18. Persaingan usaha butuh aturan http://klipingeku.blogspot.com/2007/11/persaingan-usaha-butuh-aturan.html
  19. Kelompok usahaTamasek Melanggar UU No.5 tahun 1999 http://www.kppu.go.id/new/index.php
  20. Temukan bukti kartel sms. SKH Jawa Pos edisi jumat 14 Desember 2007.