ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN AL GHAZALI

Authors

  • Ahmad Mawardi BTM Sakinah Mandala Perkasa Praya

DOI:

https://doi.org/10.20414/mu.v10i2.2847

Keywords:

Etika Bisnis, Al-Ghazali, Penimbunan, Pasar Islami

Abstract

Etika dalam diri manusia berperan sebagai rambu-rambu yang dihasilkan dari kesepakatan suatu kelompok masyarakat. Etika ini mengatur berbagai hal, mulai dari kegiatan sosial hingga ekonomi. Adanya etika membuat manusia menjadi “manusia” yang menjadikannya beda dengan makhluk hidup lainnya. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk mengurai etika bisnis dari perspektif ulama Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan study Pustaka.

Menurut Al-Ghazali, penimbunan merupakan salah satu contoh perilaku tidak beretika dari kegiatan ekonomi manusia. Hal ini karena akan menghambat jalannya perekonomian. Kemudian dengan adanya pasar adalah keteraturan alami dimana manusia menjalankan aktivitas ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Zaky Al-Kaaf, Ekonomi Dalam Persfektif Islam. Bandung. CV. Pustaka Setia. 2002. Cet I

Adiwarman A Karim, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer. Jakarta. Gema Insani. 2001.

Al Ghazali, Ihya Ulumuddin. Darul Fikr. 1414 H/1993 M

Ketut Rinjin, Etika Bisnis dan Implementasinya. Jkarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. 2004

Muhammad, Etika Bisnis Islam. Yogyakarta. UPP-AMP YKPN, tt.

http://hadisugito.fadla.or.id/2005/11/10/etika-bisnis-di-perusahaan/130108

http://health.groups.yahoo.com/group/tamanbintang/message/2441

http://www.ekonomirakyat.org/edisi_1/artikel_4htm.180107

Downloads

Published

2020-12-13

Issue

Section

Articles