ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN AL GHAZALI
DOI:
https://doi.org/10.20414/mu.v10i2.2847Keywords:
Etika Bisnis, Al-Ghazali, Penimbunan, Pasar IslamiAbstract
Etika dalam diri manusia berperan sebagai rambu-rambu yang dihasilkan dari kesepakatan suatu kelompok masyarakat. Etika ini mengatur berbagai hal, mulai dari kegiatan sosial hingga ekonomi. Adanya etika membuat manusia menjadi “manusia” yang menjadikannya beda dengan makhluk hidup lainnya. Pada penelitian ini penulis mencoba untuk mengurai etika bisnis dari perspektif ulama Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan study Pustaka.
Menurut Al-Ghazali, penimbunan merupakan salah satu contoh perilaku tidak beretika dari kegiatan ekonomi manusia. Hal ini karena akan menghambat jalannya perekonomian. Kemudian dengan adanya pasar adalah keteraturan alami dimana manusia menjalankan aktivitas ekonomi.
Downloads
References
Abdullah Zaky Al-Kaaf, Ekonomi Dalam Persfektif Islam. Bandung. CV. Pustaka Setia. 2002. Cet I
Adiwarman A Karim, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer. Jakarta. Gema Insani. 2001.
Al Ghazali, Ihya Ulumuddin. Darul Fikr. 1414 H/1993 M
Ketut Rinjin, Etika Bisnis dan Implementasinya. Jkarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. 2004
Muhammad, Etika Bisnis Islam. Yogyakarta. UPP-AMP YKPN, tt.
http://hadisugito.fadla.or.id/2005/11/10/etika-bisnis-di-perusahaan/130108
http://health.groups.yahoo.com/group/tamanbintang/message/2441







