Menakar Rekonstruksi Maqashid Syariah
(Telaah Genealogis Pendekatan System Jasser Auda)
DOI:
https://doi.org/10.20414/politea.v5i1.5042Keywords:
Rekonstruksi, Maqashid Syariah, Genealogi, Pendekatan System, aturanAbstract
Maqashid Syariah sebenarnya bukanlah hal baru dalam tradisi keilmuan Islam. Umumnya, formula ini kerap kali dianggap baku dan tidak perlu dipersoalkan ulang seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman, sehingga tidak mudah untuk mengkritisi dan merumuskannya kembali. Di era perkembangan ilmu yang pesat ini, Jasser Auda hadir mengulas kembali dan mengelaborasi Maqashid Syariah dengan gagasan dan fenomena terkini dengan menyuguhkan “pendekatan sistem” (system approach). Tulisan ini mengkaji secara kritis rekonstruksi Jasser Auda dalam Maqashid Syariah; menggali mata rantai keilmuan system approach. Maka, pendekatan yang digunakan adalah genealogis.
Secara ringkas, walaupun antusiasme masyarakat intelektual muslim di Indonesia terhadap system approach Jasser Auda tinggi, namun secara genalogi keilmuan upaya semacam ini bukan hal baru yang belum pernah terjadi dalam tradisi keilmuan Islam.
Kuatnya mata rantai bercorak Eurosentris dalam Pendekatan Sistem terutama pada konsep Cognitive Nature of the System of Islamic Law, menunjukkan bahwa masifnya gelombang diskursus soal pentingnya mengedepankan atau menerapkan Maqashid Syariah dapat mengarah pada delegitimasi otoritas (ulama) dan mengakibatkan tercerabutnya tradisi mata rantai panjang keilmuan klasik. Apalagi menganggap agama di era kontemporer sebatas luapan emosi dan perangkat ilusi, sehingga alih-alih menebar toleransi malah menyuburkan resistensi. Wacana intelektual berwajah dekonstruktif dan ikonoklastik yang hegemonik semacam ini menyiratkan pesan intelektual; perlu penguatan antisipasi epistemologis yang sistematis.
Downloads
References
‘Asyur, M. T. i., 2001. Maqashid al-Syari’ah al-Islamiyyah. 2nd ed. Yordan: Dar al-Nafa’is.
Abdullah, M. A., 2012. Epistemologi Keilmuan Kalam dan Fikih Dalam Merespon Perubahan di Era Negara-Bangsa dan Globalisasi (Pemikiran Filsafat Keilmuan Agama Islam Jasser Auda). Media Syariah, XIV(2), pp. 123-149.
al-Amidi, ‘. i. M., 2003. al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam Juz III. Riyadh: Dar asy-Shami’I.
al-Ghazali, A. H. M., 1998. al-Mustashfa min ‘Ilmi al-Ushul. Beirut: Mu’assasah al-Risalah.
al-Khadimi, N. i. M., 2001. ‘Ilmu al-Maqashid al-Syari’ah. Riyadh: Maktabah al-Ubaikan.
al-Raysuni, A., 1995. Nadzariyah al-Maqashid ‘inda al-Imam al-Syathibi. Riyadh: Dar al-‘Alamiyyah li al-Kitab al-Islami.
al-Syathibi, A. I., 1996. al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. Beirut: Dar al-Ma’rifat.
Arfan, A., 2013. Maqa?s?id Syari?'ah sebagai Sumber Hukum Islam (Analisis Terhadap Pemikiran Jassser Auda). Al-MANAHIJ: Jurnal Kajian Hukum Islam, VII(2), pp. 183-194.
Auda, J., 2006. Fiqh Al-Maqashid: Inathatul Ahkam Asy-Syar’iyah Bi Maqashidiha. Hendron: International Institute of Islamic Thought.
Auda, J., 2007. Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. e-book ed. Washington: The International Institute of Islamic Thought London.
Auda, J., 2008. Maqasid Al-Shariah A Beginner's Guide. London: The International Institute of Islamic Thought.
Fanani, M., 2008. Metode Studi Islam: Aplikasi Sosiologi Pengetahuan Sebagai Cara Pandang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fasa, M. I., 2016. Reformasi Pemahaman Teori Maqa?s?id Syariah (Analisis Pendekatan Sistem Jasser Auda). HUNAFA, Jurnal Studia Islamika, 13(2), pp. 218-246.
Foucault, M., 2002. Menggugat Sejarah Ide. 1st ed. Yogyakarta: IRCiSoD.
Foucault, M., 2002. Power/ Knowledge. 1st ed. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Harrison, P. R., 2005. Michel Foucault. In: P. Beilharz, ed. Teori-Teori Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, pp. 130-133.
Hasibuan, H. H., 2019. Jasser Auda Bapak Maqasid Syariah Kontemporer. [Online]
Available at: https://islami.co
[Accessed 5 Agustus 2019].
Kamali, M. H., 1996. Prinsip dan Teori-teori Hukum Islam. Yogyakarta: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kharoufa, '. E., 2000. Philosophy Of Islamic Shariah and Its Contribution To The Science Of Contemporary Law. s.l.:Islamic Research and Training Institute.
Khilmi, E. F., 2019. Peran Maqasid Syariah Dalam Pembentukan Peraturan Daerah (Studi Pendekatan Sistem Jasser Auda). Jurnal Justiabelen, 1(2), pp. 219-233.
Luckmann, P. L. B. -. T., 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
Makdisi, G., 1984. The Juridical Theology of Shafi‘i: Origins and Significance of Ushul Fiqh. Studia Islamica, Issue 59, pp. 55-60.
Marfiyanto, T., 2019. Maqasid Syariah dan Pendekatan Teori Sistem dalam Hukum Islam Menurut Yasser Auda. Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), pp. 1-13.
Mas’ud, M. K., 1996. Filsafat Hukum Islam. Bandung: Pustaka Pelajar.
Rofah, K., 2016. Teori Sistem Sebagai Filosofi Dan Metodologi Analisis Hukum Islam Yang Berorientasi Maqashid Al- Syari’ah (Telaah Atas Pemikiran Jasser Auda). ISTINBATH, Jurnal of Islamic Law/ Hukum Islam, 15(1), pp. 1-162.
Salahuddin, M., 2012. Menuju Hukum Islam yang Inklusif Humanistis: Analisis Pemikiran Jasser Auda Tentang Maqashid Syari?'Ah. Muhammad Salahuddin, dalam Menuju Hukum Islam yang InULUMUNA; Jurnal Studi Keislaman, 16(1).
Shidiq, S., 2011. Usul Fiqh. Jakarta: Kencana.
Sulayman, A. H. A., 1993. A Crisis of Muslim Mind. Virginia: International Institute of Islamic Thought.
Sulayman, A. H. A., 1993. Towards an Islamic Theory of International Relations: New Directions for Methodology and Thought. Virginia: International Institute of Islamic Thought.
Syafrin, N., 2009. Konstruk Epistemologi Islam: Telaah bidang Fiqh dan Ushul Fiqh. Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, V(2), pp. 227-251.
Washil, A., 2019. Memahami Maqashid Syariah Perspektif Jaser Auda. JPIK; Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman=, 2(1), pp. 19-42.
Zuhaili, W., 2009. Ushul al-Fiqh al-Islami, Juz II. Beirut: Dar al-Fikr.

















