THE EFFECT OF THE READ ALOUD METHOD ASSISTED BY THE EDUCAPLAY PLATFORM ON GRADE V STUDENTS

Authors

  • Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA, Indonesia
  • Rayi Devi Safitri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v17i2.14008

Keywords:

Read Aloud, Educaplay, Literasi, Sekolah Dasar.

Abstract

Minimnya akses literasi akibat renovasi perpustakaan di sekolah dasar menjadi tantangan serius dalam penguatan budaya baca peserta didik. Untuk menjawab masalah tersebut, diperlukan strategi pembelajaran literasi yang inovatif dan adaptif terhadap kondisi terbatas. Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode Read Aloud berbantuan platform Educaplay pada peserta didik kelas V. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen memanfaatkan nonequivalent control cohort design. Sampel Studi meliputi 56 siswa yang dibagi menjadi dua grup, yaitu grup eksperimen yang mengikuti pembelajaran Read Aloud dengan Educaplay, serta grup kontrol yang menjalani pembelajaran secara konvensional. Pengumpulan data diterapkan dengan memanfaatkan tes pretest dan posttest, sedangkan analisis data dilaksanakan melalui uji t. Hasil Studi memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan literasi siswa pada grup eksperimen dan grup kontrol, di mana skor rata-rata posttest grup eksperimen secara statistik lebih tinggi, yaitu 88,53, disandingkan dengan grup kontrol yang memperoleh skor 79,82. Hal ini membuktikan bahwasannya integrasi metode Read Aloud dan platform Educaplay secara efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa. Temuan ini memperkuat pentingnya pemanfaatan strategi pedagogis yang dipadukan dengan media digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan bermakna. Studi ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran literasi berbasis teknologi di sekolah dasar dan dapat menjadi alternatif yang relevan dalam kondisi pembelajaran terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rayi Devi Safitri, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia

The author hopes that the article can be published.

Downloads

Published

2025-08-01