Implementasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Rendah di MI Yadinu Banok Lombok Timur

Authors

  • Lalu Asriadi UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i2.5490

Keywords:

Pembelajaran Tematik

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan memperbaiki konsep pendidikan.Diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perencanaan, pelaksanaan dan memahami penilaian  model pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah :(1), perencanaan model pembelajaran tematik  meliputi penyusunan silabus, penyusunan RPP, dan pemetaan kompetensi dasar (2) Pelaksanaan model pembelajaran tematik integratif meliputi: (a) kegiatan awal yang meliputi : berdo’a, menyapa siswa, bernyanyi, memberikan motivasi kepada siswa, bercerita, appersepsi, menyampaikan  materi yang akan dipelajari dan tujuan yang akan dicapai. (b) kegiatan inti, meliputi: pengamatan, siswa menyampaikan hasil pengamatannya, guru menjelaskan  materi pembelajaran, pemberian tugas, pembahasan tugas, tanya jawab, dan memberikan bimbingan. (c) kegiatan penutup, meliputi: tanya jawab  , menyimpulkan materi,  memberikan penilaian dan berdo’a. (3) penilaian model pembelajaran tematiki ntegratifmeliputi (a) Penilaian sikap, yang mencakup observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman.(b) penilaian pengetahuan yang mencakup tes tulis, tes lisan, penugasan, pilihan ganda dan isians ingkat. (c) penilaian keterampilan yang mencakup penilaian kinerja, penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portopolio.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-24

How to Cite

Asriadi, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Rendah di MI Yadinu Banok Lombok Timur. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(2). https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i2.5490