Creative Strategies of Islamic Religious Education’s Management Learning in Junior High School Post Covid
DOI:
https://doi.org/10.20414/jpk.v19i1.7341Keywords:
PAI, Manajemen Pembelajaran, Strategi Kreatif, Post CovidAbstract
Lembaga pendidikan mengalami berbagai bentuk disrupsi dalam sistem pendidikan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Hampir dua ratus negara menutup sekolah, Fenomena serupa terjadi juga di SMPN 2 Mataram NTB Indonesia, sebagai lokus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rumusan strategi kreatif dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah ini sebagai lesson learn dari pandemi Covid-19. Pendekatan kualitatif digunakan dalam studi ini dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pertanyaan terbuka melalui google form untuk 45 siswa dan 2 guru PAI. Hasil jawaban kuesioner dianalisis dengan menggunakan adalah analisis SWOT. Penelitian ini menghasilkan empat strategi kreatif dalam manajemen pembelajaran PAI meliputi Strategi Strengths–Opportunities (SO), Weaknesses–Opportunities (WO), Strengths–Threats (ST), dan Weaknesses–Threats (WT). Rumusan strategi tersebut dapat dijadikan sebagai masukan dalam peningkatan manajemen pembelajaran PAI di Sekolah Menegah Pertama tidak saja di SMPN 2 Mataram, akan tetapi secara umum di Indonesia, saat mengahadapi pandemi Covid maupun post Covid.
Downloads
References
Abdulkareem, Talal Anwer, and Sajeda M Eidan. “Online Learning for Higher Education Continuity (during COVID-19 Pandemic).” International Journal of Inspiration, Resilience & Youth Economy 4, no. 2 (2020): 125–31. https://doi.org/10.18576/ijye/040206.
Adib Nasrulloh, Moch, Jazari, and Fahmi Muhammad Hidayatullah. “Penerapan Strategi Remote Learning Pada Pembelajaran PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Kepanjen.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 3 (2021): 53–61.
Ahmad tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Edited by Tjun Surjaman. Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Amirullah, Ravi Udin. “Analisis SWOT Kebijakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 20–28. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/article/download/13898/8932.
Bencana, Badan Nasional Penanggulangan. “Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” 2020. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/214738/keputusan-kepala-bnpb-no-13a-tahun-2020.
Citraningsih, Diningrum, and Rz. Ricky Satria Wiranata. “Analisis SWOT Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar.” Humanika 22, no. 1 (2022): 21–40. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.47092.
Creswell., John W. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Edited by Vicki Knight. News.Ge. 4th ed. California, London, New Delhi, Singapore: Sage, 2014.
Dong, Chuanmei, Simin Cao, and Hui Li. “Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes.” Children and Youth Services Review 118, no. September (2020): 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.
Dunham, Jack. Developing Effective School Management. Developing Effective School Management. New york: Routledge, 2003. https://doi.org/10.4324/9780203425732.
Gustiani, Sri. “Students ’ Motivation in Online Learning During Covid-19 Pandemic Era?: A Case Study.” Holistics Journal 12, no. 2 (2020): 23–40.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “Data Pokok Pendidikan,” 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Khalil, Rehana, Ali E. Mansour, Walaa A. Fadda, Khaled Almisnid, Mohammed Aldamegh, Abdullah Al-Nafeesah, Azzam Alkhalifah, and Osama Al-Wutayd. “The Sudden Transition to Synchronized Online Learning during the COVID-19 Pandemic in Saudi Arabia: A Qualitative Study Exploring Medical Students’ Perspectives.” BMC Medical Education 20, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02208-z.
Khumaidah, Shirley, and Mohammad Nu’man. “Inovasi Media Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid-19.” TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 90–101. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2389.
Makmun, Sukran. “Kombinasi Pembelajaran Media Daring Dengan Strategi Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar.” Jurnal Ilmiah Telaah 6, no. 1 (2021): 20–25. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/3351.
Mastoah, Imas, and Zulaela MS. “Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 121–28. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663.
Nurhayati, Ria. “Analisis SWOT Pelaksanaan Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di STAI Yogyakarta.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5, no. 1 (2020): 63–72. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/916.
Ogbonnaya, Ugorji I., Florence C. Awoniyi, and Mogalatjane E. Matabane. “Move to Online Learning during Covid-19 Lockdown: Pre-Service Teachers’ Experiences in Ghana.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 19, no. 10 (2020): 286–303. https://doi.org/10.26803/IJLTER.19.10.16.
Ramadhania, Q, and A Arisman. “Analisis Swot Pembelajaran Anak Didik Pemasyarakatan Selama Masa Pandemi COVID–19 Di LPKA Klas 1 Palembang.” PeTeKa 4, no. 2 (2021): 112–22.
RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Surat Edaran Dari Menteri Pembelajaran Serta Kebudayaan No: 36962/ MPK. A/ HK/ 2020,” 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.
Robandi, Dedi, and Mudjiran Mudjiran. “Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Di Kota Bukittinggi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 3 (2020): 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.
Saifulloh, Ahmad Munir, and Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna 03 (2020): 285–311.
Sarsby, Alan. SWOT Analysis. Online. London: Lulu.com. Copyright., 2016. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Yrp3DQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=swot+theory&ots=ODpeZzu52D&sig=V7z5kjIv2a8BKNFJ4aHRXnqwUmE&redir_esc=y#v=onepage&q=swot theory&f=false.
Schunk, D. H., Meece, J. L., & Pintrich, P. R. Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. 3rd ed. Boston: Pearson, 2014.
Soleh ., Agus Nur. “Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 Di SMK Ma’arif 9 Kebumen.” Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 4, no. 2 (2020): 1–13. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.243.
Sukma Adnyani, Ni Wayan, and Velintina Krisda Elvina. “Analisis SWOT Pembelajaran Daring Mahasiswa Kebidanan Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7, no. 2 (2021): 437. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3027.
Susanti, Wati. “Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19.” Inovasi Pendidikan 7, no. 2 (2020): 134–45. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2311.
Tadesse, Seble, and Worku Muluye. “The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries?: A Review.” Open Journal of Social Sciences 8 (2020): 159–70. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011.
Van, Dao Thi Hong, and Ha Hoang Quoc Thi. “Student Barriers to Prospects of Online Learning in Vietnam in the Context of Covid-19 Pandemic.” Turkish Online Journal of Distance Education 22, no. 3 (2021): 1–16. https://doi.org/10.17718/tojde.961824.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emawati Emawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








