DINAMIKA MEDIA KOMUNIKASI SEBAGAI INTERAKSI POLITIK

Authors

  • Priska Nur Safitri UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.20414/jurkom.v11i2.2282

Keywords:

Media, Komunikasi, Interaksi Politik

Abstract

Kekuatan media dalam komunikasi politik, menjadikan para aktor-aktor politik, dan partainya membentuk opini publik yang memmpengaruhi masyarakat. Era kecepatan informasi saat ini masyarakat dituntut untuk berfikir kritis supaya tidak terpengaruh oleh opini yang salah dan merugikan. Membangun citra untuk mendapatkan kekuasaan ditingkatkan agar dikenal positif masyarakat sebagai sarana branding. Hadirnya internet atau new media menguatkan aktor politik untuk menyebarkan konten demi popularitasnya naik. Maka sudah seharusnya ada regulasi terutama dalam ranah maya karena penyebarannya yang cepat, harus bener-benar mengawasi media. Supaya realitas dari media untuk menyampaikan informasi dalam hal ini politik tidak kehilangan esensinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, Faridhian, “Komunikasi Politik di Era Media Sosial”, Jurnal Komunikasi, Vol. 8 No. 1 Oktober 2013.

Hermin, Indah Wahyuni, “Politik Media dalam Transisi Politik: Dari Kontrol Negara menuju Self Regulation Machanism”, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 04, No. 01, Juni 2007.

Heryanto, Gun-Gun dan Shulhan Rumaru. 2013. Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar, Bogor: Ghalia Indonesia

Aminah, Siti, Politik Media, “Demokrasi dan Media Politik”, Jurrnal Unair

Kaplan dan M. Haenlein, “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media”, Business Horizons, Vol. 53, 2010

Rahman, Firdaus Aulia, M.Fasha Rouf, Fajar Nugraha Asyahidda, Achmad Hufad, “Bias Politik Dibalik Sebuah Media: Relevansi Sosialisasi Politik di Indonesia” Jurnal SOSIETAS, VOL. 8, NO. 2, 2018

Simarmata, Salvatore. 2014. Media & Politik: Sikap Pers Terhadap Pemerintah Koalisi di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sulaiman, Adhi Imam “Dilema Elite Politik dan Kekuatan Media Massa”, MIMBAR, Vol. XXVI, No. 2, Desember 2010.

Survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dalam siaran Pers NO. 53/HM/KOMINFO/02/2018 Tanggal 19 Februari

Tentang Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo akan Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Capai 171,17 Juta Sepanjang 2018, diakses pada https://dailysocial.id/post/pengguna -internet-indonesia-2018

Susanto, Eko Hari, Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik, ASPIKOM, Vol.3 No. 3, Juli 2017.

Tabroni, Roni. Etika Komunikasi Politik dalam Ruang Media Massa, Ilmu Komunikasi, Vol. 10, No. 2 Agustus 2012.

Thomas, Tokan Pureklolan. 2016. Komunikasi Politik: Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus dan Negarawan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

16-12-2019