Main Article Content

Abstract

Tujuan artikel ini untuk meningkatkan pemahaman kepada orang tua tentang cara memberikan stimulus pada tahap perkembangan emosi anak, sehingga menimbulkan keinginan untuk mengimplementasikan stimulus ini terhadap anak. Masalah yang berkaitan dengan keterlibatan orang tua dalam memberikan stimulus dan perkembangan emosional anak, seperti definisi perkembangan emosi pada anak usia dini, bentuk-bentuk emosi, kompetensi emosi, peran orang tua dalam membentuk dan mengembangkan emosi pada anak. Cara memberikan pengawasan terhadap anak akan mempengaruhi anak dalam meregulasi emosinya. Keterlibatan orang tua berarti orang tua harus memberikan pola asuh, dengan kata lain kebiasaan orang tua, ayah, dan ibu dalam mengasuh dan membimbing anak. Mengasuh dalam arti menjaga dengan cara merawat dan mendidiknya. Membimbing dengan cara membantu, melatih, dan meregulasi perkembangan emosinya. Kebiasaan orang tua dalam mendidik dan memperlakukan anaknya akan direkam anak sebagai bentuk anak dalam mengekspresikan emosinya. Perkembangan emosi anak akan memberikan dampak negatif apabila orang tua tidak terlibat di dalamnya ataupun orang tua mencontohkan bentuk emosi yang tidak baik terhadap anak.

Keywords

keterlibatan orang tua perkembangan emosional anak usia dini

Article Details

How to Cite
Kewa, M. N. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Memberikan Stimulasi Emosi pada Anak . QAWWAM : Journal for Gender Mainstreaming, 16(2), 89–98. https://doi.org/10.20414/qawwam.v16i2.6566

References

  1. Bening, T. P., & Diana, R. R. (2022). Pengasuhan Orang Tua dalam Mengembangkan Emosional Anak Usia Dini di Era Digital. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 179–190.
  2. Bening, T. P., & Ichsan, I. (2022). Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 853–862.
  3. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research methods in education, Eighth edition. Routledge Taylor & Francis. https://www.daneshnamehicsa.ir/userfiles/files/1/9- Research Methods in Education by Louis Cohen, Lawrence Manion, Keith Morrison.pdf
  4. Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(2), 66–74.
  5. Diadha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak. Edusentris, 2(1), 61–71.
  6. Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133–145.
  7. Hayati, F., & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Buah Hati, 1(2), 16–30.
  8. Karisma, W. T., DH, D. P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102.
  9. Khusniyah, N. L. (2018). Peran orang tua sebagai pembentuk emosional sosial anak. QAWWAM, 12(1), 87–101.
  10. Maulinda, R., Muslihin, H. Y., & Sumardi, S. (2012). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300–313.
  11. Meng, K., Yuan, Y., Wang, Y., Liang, J., Wang, L., Shen, J., & Wang, Y. (2020). Effects of parental empathy and emotion regulation on social competence and emotional/behavioral problems of school-age children. Pediatric Investigation, 4(2), 91–98.
  12. Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
  13. Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan: Educational Psychology. Salemba Humanika 86.
  14. Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.
  15. Suhati, S., & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 58–65.
  16. Sukatin, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak bagi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Absorbent Mind, 1(2), 54–64.
  17. Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65.