Pengaruh Produk, Nilai, dan Tingkat Kesadaran Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan pada BNI Syariah Kantor Cabang Mataram
DOI:
https://doi.org/10.20414/schemata.v10i1.2575Abstract
This current study advisedly analyzes the bank services influence, its value, awareness level of the BNI Syariah Mataram branch customers. The infinite population method is used in this study as the sample. The respondent was 100 customers of the BNI Syariah Mataram branch, they are all the saving customers. The gathered data then analyzed through SPSS (Statistical Program for Social Science), a simple regression test was conducted. The findings of this study showed there is a significant relationship between bank services and customers’ engrossment on savings products. The value indicated a positive influence on customers’ savings product demand. While the customers’ awareness level gave a significant effect on customer demand at savings service at 0,05 or 5%. Engrossment refers to an effective response or willingness to use or purchase some sort of bank services and also to attract the customer is using the best services. In conclusion, there are three main points of using bank services in this study: first, the offered products; second, product value; thirds, people’s awareness or prospective customers of BNI Syariah.
Keywords: Syariah Bank, Product, Value, Awareness, Customer Engrossment
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis guna mengetahui pengaruh produk, nilai, dan tingkat kesadaran terhadap minat nasabah memilih produk tabungan pada BNI Syariah Kantor Cabang Mataram. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan populasi infinite. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan BNI Syariah Kantor Cabang Mataram, terdapat 100 nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Mataram sebagai responden. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan SPSS (Statistikal Program For Sosial Science), uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara produk terhadap minat nasabah memilih produk tabungan. Nilai menunjukkan pengaruh positif terhadap minat nasabah memilih produk tabungan. Tingkat kesadaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dalam memilih produk tabungan pada BNI Syariah Kantor Cabang Mataram pada tingkat signifikan 0,05 atau 5%. Minat merupakan suatu respon efektif atau proses merasa atau menyukai suatu produk tetapi belum melakukan keputusan untuk menggunakan, dan untuk memunculkan keputusan menggunakan, perbankan menawarkan produk-produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena produk adalah sasaran utama yang dilirik oleh nasabah maupun calon nasabah. Di dalam tesis ini, ada tiga hal yang dapat menarik minat nasabah untuk menggunakan produk tabungan: Pertama, produk yang ditawarkan. Kedua, nilai produk yang ditawarkan. Ketiga, tingkat
Kata Kunci : Perbankan Syariah, Produk, Nilai, Kesadaran, Minat Nasabah.