Pengaruh Pengetahuan, Pendidikan dan Pendapatan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung pada Bank NTB Syariah Kantor Cabang Pembantu Aikmel
DOI:
https://doi.org/10.20414/schemata.v11i2.5635Abstract
This study aims to determine the effect of knowledge, education and income on customers' interest in saving at Bank NTB Syariah Aikmel sub-branch office. This research is a quantitative research with the method of analysis of influence in measuring indicators using survey techniques to respondents through the distribution of questionnaires by making the Aikmel sub-district community an infinite population by applying Lemeshow theory in determining the sample. In the process of data analysis, researchers used SPSS version 25 as a tool in processing research data. The results obtained from this study indicate that knowledge has a positive and significant effect on customer interest in saving, then the results of education have a positive and significant effect on customer interest in saving and thirdly, income gives negative results and does not affect customer interest in saving at the bank. NTB Syariah sub-branch office Aikmel Simultaneously, these three variables have a significant effect on interest in saving. Thus the knowledge and education variables of customers will be able to boost public interest in saving at Bank NTB Syariah Aikmel Sub-Branch Office, if the bank is able to increase public knowledge through promotional activities and socialization of products that are the advantages of Islamic NTB banks and actively improve Islamic financial literacy. from various parties and Islamic economic activists to the entire community.
Keywords: Knowledge, Education, Income, Interest in Saving.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pendidikan dan pendapatan terhadap minat nasabah untuk menabung pada Bank NTB Syariah kantor cabang pembantu Aikmel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis pengaruh dalam pengukuran indikator menggunakan teknik survey terhadap responden melalui penyebaran kuisioner dengan menjadikan masyarakat kecamatan aikmel sebagai populasi infinite dengan menerapkan teori lemeshow dalam penentuan sampel. Dalam proses analisis data, peneliti menggunakan SPSS versi 25 sebagai alat bantu dalam pengolahan data penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung kemudian hasil pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung dan yang ketiga yakni pendapatan memberikan hasil yang negatif dan tidak memberikan pengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung pada Bank NTB Syariah kantor cabang pembantu Aikmel Adapun secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Dengan demikian variabel pengetahuan dan pendidikan nasabah akan mampu mendongkrak minat masyarakat untuk menabung di Bank NTB Syariah Kantor Cabang Pembantu Aikmel, jika bank mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui kegiatan promosi dan sosialisasi terhadap produk-produk yang menjadi keunggulan bank NTB Syariah serta aktif meningkatkan literasi keuangan syariah dari berbagai pihak dan para penggiat ekonomi syariah kepada seluruh masyarakat.
Kata Kunci: Pengetahuan, Pendidikan, Pendapatan, Minat Menabung.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.