Main Article Content

Abstract

Pelajaran kimia merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit karena kaya akan konsep abstrak yang di dalamnya terdapat fenomena level makroskopik, simbolik, dan mikroskopik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran komik webtoon terintegrasi STEM pada materi gaya antarmolekul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan model TSRD. Model TSRD terdiri dari tiga tahap yaitu: Pre Development, Development, dan Post Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi storyboard, instrumen validasi materi dan media, instrumen respon guru, dan instrumen respon siswa. Dengan teknik pengolahan data menggunakan skala likert modifikasi 1-4. Hasil validasi materi dan media menyatakan produk mendapat persentase penilaian masing-masing sebesar 96.05% dan 96.02% dengan kategori ‘Sangat Layak’. Untuk hasil respon guru dan respon siswa mendapat persentase penilaian sebesar 100% dan 84.59% dengan kategori ‘Sangat Baik’. Hasil ini menandakan bahwa komik webtoon terintegrasi STEM pada materi gaya antarmolekul mendapat respon positif dari siswa dan guru sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalam proses pembelajaran.

Keywords

Gaya Antarmolekul Komik Webtoon Media Pembelajaran STEM

Article Details

How to Cite
Aliifah, N. J., Ramli, M. ., & Yunita, L. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK WEBTOON TERINTEGRASI STEM PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI GAYA ANTARMOLEKUL. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 5(1), 112–126. https://doi.org/10.20414/spin.v5i1.7020

References

  1. Affeldt, F., Meinhart, D., & Eilks, I. (2018). The Use of Comics in Experimental Instruction in a Non-formal Chemistry Learning Context. International Journal of Education in Matemathics, Science, and Technology, 6(1), 93-104. DOI:10.18404/ijemst.380620
  2. Allsop, J., Young, S., Nelson , E., Piatt , J., & Knapp , D. (2020). Examining the Benefits Associated with Implementing an Active Learning. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education , 32(3), 418-426 .
  3. Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Itqan, 8(2), 145-166.
  4. Asih, D. N., Wijayanti, I. E., & Langitasari, I. (2020). Development of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Integrated Chemical Module on Voltaic Cells. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 5(1), 91-103.
  5. Cahyani, I., & Sari, M. (2020). Pengembangan Vlog (Video Blog) Channel Youtube Berbasis STEM Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 2(2), 74-84.
  6. Handayani, D., Alperi, M., & Annisa, T. (2021). An Analysis of The Use of Webtoon in Chemistry Learning. International Conference Character Education and Digital Learning (ICCEDL) 2021 (hal. 385-392). Yogyakarta: Direktorat Pasca Sarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
  7. Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34-46.
  8. Hidayat, N., Rostikawati, R., & Marris, M. H.-A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Komik Webtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV (hal. 318-324). Madiun: Universitas Sebelas Maret.
  9. Imbar, K., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108-120.
  10. Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Medan: Spasi Media.
  11. Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Suyatna, A. (2019). Development of Comics Physics Education with STEM for Stimulating Straight Line Motion Concept Mastery in Junior High School Students. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 77-85.
  12. Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
  13. Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134-148. DOI:10.35308/source.v6i2.1609.
  14. Makmun. (2021). Komik : Media Komunikasi Pembelajaran. BaloLipa: Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 18-23.
  15. Minarni., Malik, A., & Fuldiaratman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan 3D Page Flip pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,, 13(1), 2295 – 2306.
  16. Misnawati, D., Nanda, D. S., Sihotang, M. D., & Kusmindari, C. D. (2021). An Analysis of Using Webtoon in Improving Students' Reading Motivation at First Semester. Beyond Linguistika: Journal of Linguistics and Language Education , 4(2), 35-43.
  17. Muchson, M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Topik Gaya Antarmolekul pada Matakuliah Ikatan Kimia. Jurnal Pendikan Sains, 1(1), 14-25.
  18. Musnur, I., & Faiz, M. (2019). Analisis Penyajian Karakter dan Alur Cerita pada Komik Vulcaman-Z. Jurnal Narada, 6(2), 339-360.
  19. Niam, M. A., & Asikin, M. (2021). Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal PRISMA 4, 329-335 .
  20. Nurinayati, F., Sartono, N., & Everyani, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal BIOSFER, VII(2), 47-52.
  21. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
  22. Parastuti, & Prihandari, I. (2021). Pengantar Manga (Komik Jepang). Sukabumi: CV Jejak.
  23. Payanti, D. A. (2022). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I), 1(1), 464- 475.
  24. Pratamadita, A., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatihkan Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Gaya Antarmolekul. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) 2021, 248-255.
  25. Priliyanti, A., Muderawan, I., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18.
  26. Putri, D. M. (2018). Pengaruh Media Sosial LINE Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik pada Mahasiwa Universitas Riau. JOM FISIP, 5(1), 1-15.
  27. Rahmi, C., Mujakir, & Febriani, P. (2021). Kemampuan Representasi Submikroskopik Siswa pada Konsep Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 9(1), 62-74.
  28. Ramadhan, B. S., & Rasuardie. (2020). Kajian Industri Komik Daring Indonesia (Studi Kasus: Komik Tahilalats). Jurnal Senirupa Warna, 8(1), 2-18.
  29. Ramli, M. (2019). TSRD Sebagai Pendekatan Alternatif Penelitian Pengembangan Inovasi Pendidikan : Sebuah Kajian Reflektif (Presentasi Sesi Pararel). Jakarta: Seminar Nasional FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  30. Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29 .
  31. Rohmah, O. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 39-49.
  32. Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Batu : Literasi Nusantara.
  33. Siwi, M. K., Syofyan, R., & Hayati, A. F. (2018). Pengembangan Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Micro Teaching di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Pakar Pendidikan , 16(1), 47-59.
  34. Sudjana, N., & Rivai, A. (1997). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit CV Sinar Baru Bandung.
  35. Sumaji. (2019, April 24). Implementasi Pendekatan STEM dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 7-15.
  36. Sumanjaya, U., & Padmaningrum, R. T. (2018). Pengembangan Webtoon Kimia untuk Pembelajaran Materi Kimia Makromolekul Sebagai Media Belajar Mandiri Siswa. Jurnal Pembelajaran Kimia, 7(5), 210-219.
  37. Suryaningsih, S., & Nisa , F. A. (2021). Kontribusi STEAM Project Based Learning dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1097-1111.
  38. Suryaningsih, S., Nisa, F. A., Muslim, B., & Aldiansyah, F. (2022). Learning Innovations: Students’ Interest and Motivation on STEAM-PjBL. International Journal of STEM Education for Sustainability, 2(1), 66-77.
  39. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
  40. Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah , L., Susanti , F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Young Scholar Symposium on Science Education and Environment 2019. 1467, hal. 6. Lampung: IOP Publishing.
  41. Wardhani, F. P., Fiamanillah, Islamiyah, H. Y., Zulfadilla, I., Pajriansyah, & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. SAJAK: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 156-167.
  42. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
  43. Ziska, I. Y. (2021). Webtoon as an Attractive Media in Teaching Reading Comprehension. UNNES-Teflin National Seminar, 4(1), 54-62.