Publication Ethic

Kode etik publikasi harus dipatuhi oleh setiap penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya pada Sangkep: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan. Dalam melakukan publikasi  mengutamakan 3 hal yakni: integritas ilmiah, moral dan kejujuran.

  • Integritas ilmiah penulis; menjunjung tinggi kaidah, hakekat dan kebenaran ilmiah, sehingga tidak mengorbankannya demi kepentingan apapun.

  • Moral penulis; mengenal dan membedakan perilaku baik dan buruk harus diterapkan dalam penulisan.

  • Kejujuran penulis; apa yang dilakukan penulis sesuai dengan kondisi obyektif sesungguhnya, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan dalam penelitian atau penulisan (misconduct) .

Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Sangkep: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan:

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat atau keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.

  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari fabrikasi (Rekaan), falsifikasi (pemalsuan data), dan Plagiarism atau  

  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.

  4. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan fokus dan scope Jurnal Sangkep pada isu-isu masalah sosial-kontemporer keagamaan di Indonesia, berkenaan dengan sosiologi agama, agama dan kearifan lokal, agama dan media, agama dan pariwisata, agama dan pemberdayaan masyarakat, agama dan sosal ekonomi politik.

  5. Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.

  6. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompetens dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.

  7. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan.

  8. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 

  9. Artikel yang dipublikasikan adalah asli hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.

Bagi setiap penulis di Sangkep: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan diwajibkan mengisi Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi atau seminar manapun. Contoh Surat Peryataan klik disini.