Main Article Content

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat peran dan tata kelola Lembaga Ma’arif NU NTB sebagai landing sektor yang secara khusus membidangi tentang pendidikan di kalangan NU. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka (library research), dan studi kasus (case study), dengan pendekatan kualitatif, pengambilan kesimpulan pola tehnik induktif-deduktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap warga NU yang senantiasa memiliki giroh untuk mengabdi dalam bidang pendidikan dengan mendirikan lembaga pendidikan, peran, fungsi dan tugas LP Ma’arif NU NTB dalam mengelola 528 Satuan Pendidikan tidak bisa maksimal, melainkan sebatas memberikan motivasi pengembangan kwalitas kelembagaan dan proses pembelajaran, mengkoordinasikan program-program pemerintah dan donor dan mengkonsolidasikan lembaga-lembaga pendidikan Ma’arif NU.

Keywords

Nahdlatul Ulama Pendidikan LP Ma'arif

Article Details

How to Cite
Asyari, Akhmad, Jumarim Jumarim, and Nuruddin MH. 2021. “Kependidikan NU Dan Pendidikan Ke-NU-An: Studi Kasus Tatakelola Lembaga Pendidikan Al-Ma’arif Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat”. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 15 (2):107-32. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v15i2.3931.