The Qur’an Literacy of Islamic Education Students at Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Mataram

Authors

  • Nurul islam a:1:{s:5:"en_US";s:18:"UIN Sunan Kalijaga";}
  • epadli Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/jpk.v19i1.6292

Keywords:

Literasi, Al-Qur'an, Pendidikan Agama Islam

Abstract

penelitian ini mengkaji konsep literasi Al-Qur’an melalui Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Mataram. Pentingnya kedudukan Al-qur’an dalam setiap sisi kehidupan manusia, menjadikan mempelajari, memahami dan mengkajinya sebagai suatu keharusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui field research, yaitu metode pengumpulan data melalui teknik-teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta penelusuran referensi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yaitu, data reduction, data display, dan data verification.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi Al-Qur’an melalui Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Mataram sangat baik, hal ini terlihat dari rangkaian program pembinaan yang dilaksanakan secara intensif dan diawasi langsung oleh pihak program studi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Abu. Ulumul Al-Qur’an Sebuah Pengantar. Pekanbaru: Amzah. 2002

As-Shidiqy, M. Hasby. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang. 2000.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. Buku Saku Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud. 2016.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo. 2010.

Padli, Erwin. "Urgensi Sejarah al-Qur’an dalam Pendidikan Islam." EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 14.2 (2020): 159-170.

Farida, Erlina. “Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Penguatan Agama Siswa Tsanawiyah di 8 Kota Besar di Indonesia”. Jurnal Edukasi. Vol 11, No 3. 2019.

Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta. 2013.

Halili, Heri Rifhan. “ Kajian Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Usia Dewasa dengan Pendekatan Konsep Andragogi”. Jurnal Imtiyar. Vol 5, No 12. 2021.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing. 2020.

Hardja, Redja Mudyo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. 2001.

Hidayatyllah, Ummul, dkk. “ Implementasi Literasi Al-Qur’an dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik Pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang”. Jurnal Tarbawi. Vol 6, No 1. 2021.

Hitti, Philip K. History Of The Arabs Terj. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. 2008.

Moelong. J. Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.

Murjito, Imam. Sistem Pengajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ah. Semarang:Kordinator Pelaksana Metode qiro’ah. 2001.

Nurdin, Syafrudin. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching. 2005.

Putra, Nusa. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. 2012.

Rahmat, Sandi Wahid. “Makna Qiraat dan Tilawah dalam Al-Qur’an Perspektif Teori Anti Sinomatis Muhammad Syahrur”. Jurnal Al-bayan. Vol 10, No 2. 2021.

Rijali, Ahmad. “ Analisis Data Kualitatif”. Jurnal Alhadharah. Vol 17. No 33. 2018.

Romdhoni, Ali. Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara. 2015.

Sarifudin, Agus. “ Penggunaan Metode Yanbu’ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Al-badar Bogor” Jurnal Pendidikan Islam. Vol 9, No 2. 2020.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 1992.

Shihab, M. Quraish. Sejarah dan Ulumul Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus. 2008.

Yasir, Muhammad. Studi Al-Qur’an. Riau: Asa Riau. 2016.

Zuriah, Nurul. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Downloads

Published

2023-06-30