SOCIAL IMPACT ANALYSIS OF MASS COMMUNICATION ON COMMUNITY IN THE SOCIETY 5.0 ERA
DOI:
https://doi.org/10.20414/jurkom.v14i1.5171Keywords:
Mass Communication, Social Effect, Society 5.0 EraAbstract
The Society 5.0 era is considered a phenomenon of combining cyber technology with automation technology, which is characterized by changes in various sectors. In this case, mass communication is system communication that is carried out through mass media and has a significant impact, especially in its application in everyday life with diverse impacts. This research uses qualitative methods while using a library research approach. The results of observations and literacy studies conducted by the author concluded that mass communication has a considerable social impact on society along with technological developments. Because the media plays a big role in the method of replacing existing social norms with new ones, even changing and creating new ones.
Downloads
References
Akbar Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Makassar Jl Abdurahman Basalamah, Syarifuddin. “Media komunikasi dalam mendukung penyebarluasan informasi penanggulangan pandemi covid-19.” Majalah semi ilmiah populer komunikasi massa 2, no. 1 (2021): 73–82.
Ali Taufik; Tatang Apendi. “Analisis Dampak Negatif Pergaulan Anak Remaja Di EraGlobalisasi Dengan Kemajuan Teknologi.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 5, no. 1 (2021): 26–33.
Faidlatul Habibah, Astrid, and Irwansyah Irwansyah. “Era Masyarakat Informasi Sebagai Dampak Media Baru.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 2 (July 11, 2021): 350–363.
Faisal, Moch. “Dari Anarchic Cyber Space Menjadi Transnational Public Sphere. Membaca Relasi Antara Cyber Space Fan Civil Society Di Era Postmodern (Studi Kasus: Greenpeace Online Activist).” Global: Jurnal Politik Internasional 9, no. 2 (December 22, 2007).
Fathul Ulum; Gatut Setiadi. “PERANAN TEORI KULTIVASI TERHADAP PERKEMBANGANKOMUNIKASI MASSA DI ERA GOBALISASI.” Al-ittishod: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2019).
Fernanda Iragraha, S M, Hari Setijono, Sugiharto Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, and Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja. “Peran Media Massa Dan Wanita Dalam Olahraga Woodball.” In SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA UNNES, 2019. http://www.iwbf-.
Hendra, Tomi. “Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan.” JURNAL AT-TAGHYIR: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa 1, no. 2 (2019). http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/taghyir.
Mumtaha, Hani Atun, and Halwa Annisa Khoiri. “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce).” PILAR TEKNOLOGI?: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik 4, no. 2 (2019). http://pilar.unmermadiun.ac.id/index.php/pilarteknologi.
Saumantri, Theguh, dan Abdu Zikrillah, Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, and Iain Syekh Nurjati Cirebon. TEORI SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD DALAM DUNIA KOMUNIKASI MEDIA MASSA JEAN BAUDRILLARD’S SIMULACRA THEORY IN THE COMMUNICATION WORLD OF MASS MEDIA. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi |. Vol. 11, 2020.
Suri, Dharlinda, Stkip Pgri, and Bandar Lampung. “PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PERWUJUDAN PEMBANGUNAN NASIONAL.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 17, no. 2 (2019).
Triyaningsih, Heny. “Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat Di Pamekasan).” Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah 1, no. 1 (2020).
Burhan Bungin. Sosiologi Komunikasi. Edited by 3. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2008.
Cahyo Prabowo. “Media Sosial Dalam Komunikasi Massa.” Kompasiana, 2020. www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com/5c3aaa7943322f4e5d37a189/media-sosial-dalam-komunikasi-massa.
Daeng Sani Ferdiansyah. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Terhadap Transformasi Sosial Di Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah-NTB.” Komunike?: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam XII, no. 1 (2020): 140.
Dara Sawitri. “Revolusi Industri 4. 0?: Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Maksitek 4, no. 3 (2019): 2.
Darwanto, Rohim&. “Pendidikan Untuk Menyambut Masyarakat 5.0: Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Univrsitas PGRI Palembang” (2020).
Muhammad Bisri Mustofa, dkk, “Telaah Pesan Dakwah Dalam Film Tilik (Studi Analisis Semiotika).” Komunike?: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam XIII, no. 2 (2022): 2.
Ferry Bachtiar. “Teori-Teori Efek Sosial Komunikasi Massa.” Psikologi Komunikasi (2013).
Hafield Cangara. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, (2007).
Haqqi & Wijayanti. “Revolusi Industri Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi Dan Transformasi Kehidupan Di Era Distruptif.” (2019).
Marzuki Ali, Muhammad Aminullah. “Konsep Perkembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0.” Komunike?: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam XII, no. 1 (2020): 3.
Pramesti Desiana E. “Efek Sosial Komunikasi Massa.” Ilmu Komunikasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Wuryan, Muhamad Bisri Mustofa, Rezha Mardianty Rachmy, Sarah Nur Laila Indriyani, Septi Jelita Putri, Tri Yana Dea Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


