Abstract

Menyadari kurangnya ‘suara masyarakat’ yang digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja pemerintah daerah, sebuah survei dirancang untuk mengumpulkan persepsi publik untuk menilai kinerja pemerintah daerah di Kabupaten Lombok Barat. Survei dilaksanakan dengan mengambil sampel responden yang tersebar disepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Secara umum, hasil survei menunjukkan bahwa persepsi masyarakat atas kinerja pemerintah Kabupaten Lombok Barat terbagi menjadi dua kelompok besar. Khusus untuk lima indikator umum (politik, ekonomi, sosial, keamanan dan hukum), jika dirata-ratakan, lebih dari setengah total responden menyatakan kinerja pemerintah daerah sebagai ‘Lebih baik’ (52.6%). Kelompok terbesar kedua, menyatakan ‘Tidak ada perubahan’ (32.5%). Demikian juga untuk tujuh indikator layanan dasar umum, sebagian besar responden menyatakan tanggapan positif atau memilih tanggapan ‘Lebih baik’ (53.3%) dan ‘Jauh lebih baik’ (13,7%). Sedangkan untuk berbagai item indikator layanan dasar spesifik, terdiri dari dua puluh dua indikator, rata-rata responden menjawab ‘Cukup puas’, kecuali untuk item ‘Penyediaan lapangan pekerjaan’, sebesar 58.8% dari total responden cenderung mengarah pada pilihan tanggapan ‘Tidak puas’.