Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran pemerintah dalam pencegahan kekerasan seksual terhadap anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang menggunakan literatur yang sesuai dengan permasalahan yang dikaji sebagai sumber datanya. Sehingga dalam menghimpun data yang dibutuhkan menggunakan sumber-sumber kepustakaan yang ada kaitannya dengan masalah pokok penelitian yang dirumuskan baik sumber primer maupun sumber sekunder. Dalam hal perlindungan pencegahan kekerasan seksual terhadap anak dibutuhkan langkah-langkah pencegahan yakni penegakan hukum, peran masyarakat dan semua instansi harus pula memperhatikan kepentingan anak terutama hak-haknya. Langkah pemerintah dalam upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak yakni dengan menerapkan sanksi yang lebih keras kepada pelaku sebaiknya diikuti dengan beberapa langkah strategis lainnya. Di bidang pencegahan, pemerintah bisa secara aktif melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Pemerintah juga dapat menerapkan pendidikan pengenalan organ tubuh kepada anak di usia dini agar mereka tahu organ tubuhnya yang boleh/tidak boleh dilihat atau disentuh orang lain dan cara terhindar dari kekerasan seksual. Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika serta kepolisian dapat secara aktif melakukan patroli siber dan penindakan terhadap konten-konten pornografi di dunia maya.

Keywords

Pemerintah, Pencegahan, Kekerasan Seksual, Anak

Article Details

How to Cite
MH, D. (2021). PERAN PEMERINTAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK. QAWWAM, 15(1), 45-68. https://doi.org/10.20414/qawwam.v15i1.3387

References

Abdul Wahid dan Muhannad Irfan, Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Seksual, Bandung, PT. Refika Aditama, 2011.
Abu Hurairah, Kekerasan Terhadap Anak, Bandung, Nuansa Press, 2012.
Arif Gosita, Masalah Perlindungan Anak, Jakarta, Badan Penerbit FH UI, 1996.
Beni Ahmad, Sosiologi Hukum, Jakarta, Pustaka Setia, 2007.
Maulana Hasan Wadang, Advokasi Dan Perlindungan Anak, Jakarta, Gramedia Widiasarana, 2000.
Miriam Budiardjo, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2009.
M. Nasir Djamil, Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta, Sinar Grafika, 2013.
Yohannes Ferry, Kekerasan Seksual Pada Anak dan Remaja, Jakarta, PT. Rajawali, 1997.
Hj. Mia Amalia, Kejahatan Kekerasan Seksual (Perkosaan) Terhadap Anak Dampak Dan Penanganannya Di Wilayah Hukum Cianjur, Jurnal Mimbar Justitis Vol.II No. 01 Edisi Januari-Juni 2016.
Solehuddin, Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Anak yang Bekerja di Bidang Konstruksi (Studi Di Proyek Pembangunan CV. Karya Sejati Kabupaten Sampang), Jurnal Universitas Brawijaya, Malang, 2013.
N.K. Endah Triwijati, Pelecehan Seksual : Tinjauan Psikologis, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.