Main Article Content
Abstract
Pendidik harus mampu mensinergikan teknologi pada proses pembelajaran yaitu melalui metode dan media yang kreatif dan inovatif sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi termokimia yang bersifat abstrak beserta perhitungan dan tidak menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi adobe after effect berbasis audiovisual pada materi termokimia dan mengetahui kualitas video yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate) yang dibatasi hanya sampai tahap Develop. Produk yang dikembangkan merupakan video animasi yang berbentuk .mp4. Teknik pengumpulan data untuk kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh validator dan angket respon peserta didik. Validator terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga reviewer. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan skala likert, skala guttman, dan presentase keidealan. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 84,38% dengan kategori Sangat Baik, ahli media mendapatkan persentase 78,57% dengan kategori Sangat Baik, dan reviewer mendapatkan persentase 96,2% dengan kategori Sangat Baik. Produk direspon positif oleh 10 peserta didik kelas XI SMA/MA dengan persentase sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran kimia materi termokimia.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labschool UNNES. (Skripsi). Program Sarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang.
- Akbar, Y. A., & Kristia, Y. (2018). Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputra Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS6. Jurnal Penelitian Teknik Informatika (JUTIKOMP). 1(1). 5-10. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.228
- Anggriani, N. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran: Edutech and Intructional Research Journal. 6(1). 31-36.
- Aprialisa, M., & Mahdian, M. (2010). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Termokimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.1(1). 41-49. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v1i1.3376
- Arsyad. A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
- Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 9(2). 65-74. https://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088
- Deliviana, E. (2017, Oktober). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikannya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 universitas Negeri Makassar. Makassar. 1-6.
- Diartha, I. N., Wildan., & Muntari. (2016). Penilaian Kinerja (Performance Assesment) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar MIPA. 11(1). 65-69. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.64
- Haryati, S., Miharty., & Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Jurnal Prosiding Semirata FMIPA. 1(1). 363-367.
- Hasan, D. I., & Ahmad, F. (2017). Aplikasi Adobe After Effect CS4 dalam Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi di Toko Aneka Sport Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. 3(2).
- Maharani, I. N., & Saepuloh, L. (2016). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru-Guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kapupaten Sukabumi. Surya (Jurnal Seri Pengabdian kepada Masyarakat). 2(1). 113-118. https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.58
- Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Oxygenius Journal of Chemistry Education. 2(1). 29-33. https://doi.org/10.37033/ojce.v2i1.143
- Mulyani, E., Natalliasari, I., & Muslim, S. R. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Siliwangi. 4(1). 80-84.
- Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan manusia untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Edusains. 7(1). 57-63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
- Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 15(1). 1-8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
- Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Artikel. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
- Nurhayati, S., Harun, A. I., & Lestari, I. (2014). Pengaruh Video-Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Pontianak pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 3(6). 1-10.
- Pramudya, H. A., & Aji, G. A. 2021. “Kendala Materi Termokimia Dengan Media Pembelajaran Yang Digunakan”. Hasil Wawancara Pribadi: 18 Desember 2021, SMAN 1 Kalibawang.
- Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Wanasaba. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 4(1). 58-66. https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092
- Rahayu. (2021). “Kendala Materi Termokimia Dengan Media Pembelajaran Yang Digunakan”. Hasil Wawancara Pribadi: 18 Maret 2021, SMAN 1 Kalibawang.
- Ridzaniyanto, P. (2019). Pengembangan Modul Android Interaktif Bermuatan Tiga Level Representasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam. (Tesis). Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
- Sa‘adah & Wahyu. (2020). Metode penelitian R&D (research and development) kajian teoritis dan aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
- Saadah, I. D. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect”. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
- Sari, M. & Rohayati, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Sebagai Bahan Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar-Dasar Perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 5(1). 1-7.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukardjo, & Lis, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.
- Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4). 1940-1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
- Sutiani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAN 2 Model Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 24(1). 22-27. https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12136
- Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
- Wibowo, T., Supartono., & Supardi, K. I. (2015). Pengembangan Modul Termokimia Dengan Pendekatan Inkuiri Terpadu Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Logika Siswa. Journal of Innovative Science Education. 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/6893
References
Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labschool UNNES. (Skripsi). Program Sarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Akbar, Y. A., & Kristia, Y. (2018). Animasi Infografis Produk Asuransi Bumiputra Manokwari Menggunakan Adobe After Effect CS6. Jurnal Penelitian Teknik Informatika (JUTIKOMP). 1(1). 5-10. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.228
Anggriani, N. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran: Edutech and Intructional Research Journal. 6(1). 31-36.
Aprialisa, M., & Mahdian, M. (2010). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Termokimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.1(1). 41-49. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v1i1.3376
Arsyad. A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Ayu, D. G., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama pada Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 9(2). 65-74. https://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3088
Deliviana, E. (2017, Oktober). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikannya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 universitas Negeri Makassar. Makassar. 1-6.
Diartha, I. N., Wildan., & Muntari. (2016). Penilaian Kinerja (Performance Assesment) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar MIPA. 11(1). 65-69. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.64
Haryati, S., Miharty., & Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Jurnal Prosiding Semirata FMIPA. 1(1). 363-367.
Hasan, D. I., & Ahmad, F. (2017). Aplikasi Adobe After Effect CS4 dalam Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi di Toko Aneka Sport Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. 3(2).
Maharani, I. N., & Saepuloh, L. (2016). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru-Guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kapupaten Sukabumi. Surya (Jurnal Seri Pengabdian kepada Masyarakat). 2(1). 113-118. https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.58
Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Oxygenius Journal of Chemistry Education. 2(1). 29-33. https://doi.org/10.37033/ojce.v2i1.143
Mulyani, E., Natalliasari, I., & Muslim, S. R. (2018). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Siliwangi. 4(1). 80-84.
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan manusia untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Edusains. 7(1). 57-63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 15(1). 1-8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Artikel. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurhayati, S., Harun, A. I., & Lestari, I. (2014). Pengaruh Video-Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Pontianak pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 3(6). 1-10.
Pramudya, H. A., & Aji, G. A. 2021. “Kendala Materi Termokimia Dengan Media Pembelajaran Yang Digunakan”. Hasil Wawancara Pribadi: 18 Desember 2021, SMAN 1 Kalibawang.
Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Wanasaba. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 4(1). 58-66. https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092
Rahayu. (2021). “Kendala Materi Termokimia Dengan Media Pembelajaran Yang Digunakan”. Hasil Wawancara Pribadi: 18 Maret 2021, SMAN 1 Kalibawang.
Ridzaniyanto, P. (2019). Pengembangan Modul Android Interaktif Bermuatan Tiga Level Representasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam. (Tesis). Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Sa‘adah & Wahyu. (2020). Metode penelitian R&D (research and development) kajian teoritis dan aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Saadah, I. D. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect”. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Sari, M. & Rohayati, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Sebagai Bahan Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar-Dasar Perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 5(1). 1-7.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo, & Lis, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4). 1940-1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Sutiani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAN 2 Model Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 24(1). 22-27. https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12136
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Wibowo, T., Supartono., & Supardi, K. I. (2015). Pengembangan Modul Termokimia Dengan Pendekatan Inkuiri Terpadu Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Logika Siswa. Journal of Innovative Science Education. 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/6893