PEMBENTUKAN KARAKTER KEDERMAWANAN ANAK MELALUI KEGIATAN JUM’AT BERAMAL DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FIRDAUS PAMEKASAN

Authors

  • Kholilah Kholilah IAIN Madura
  • Ria Astuti IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i2.4679

Keywords:

Karakter, Dermawan, Sedekah

Abstract

Jum’at Beramal adalah sebuah istilah yang digunakan dalam suatu lembaga pendidikan yang merupakan suatu kegiatan yang berisi amal kebajikan berupa sedekah harta. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter dermawan anak didik. Kegiatan Jum’at Beramal merupakan suatu bentuk dari pendidikan karakter dengan metode pembiasaan. Salah satu lembaga yang mengadakan kegiatan Jum’at Beramal ini adalah Raudhatul Athfal Al-Firdaus Pamekasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, tujuan dan manfaat, respon wali murid dan anak didik, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat kegitan Jum’at Beramal di Raudhatul Athfal Al-Firdaus Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Berdasarkan penelitian ini dinyatakan bahwa kegiatan Jum’at Beramal di Raudhatul Athfal Al-Firdaus Pamekasan berjalan dengan baik, walaupun sebenarnya masih terdapat faktor penghambat akan tetapi tidak menjadi penghalang besar terhadap pelaksanaan kegiatan Jum’at Beramal ini. Pelaksanaan kegiatan Jum’at Beramal di Raudhatul Athfal Al-Firdaus terinspirasi dari Raudhatul Athfal Amanah Bunda Malang dan dilaksanakan di Raudhatul Athfal Al-Firdaus pertama kali pada awal tahun 2018. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jum’at selama sekolah aktif yang diikuti oleh semua anak didik di Raudhatul Athfal Al-Firdaus berupa sedekah uang dengan jumlah minimal Rp 500. Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk karakter dermawan anak, sedangkan manfaatnya membuat anak suka berbagi dan mengetahui adanya pahala. Kegiatan Jum’at Beramal ini mendapatkan respon positif dari wali murid dan anak didik. Faktor pendukung pembentukan karakter kedermawanan anak melalui kegiatan Jum’at Beramal di Raudhatul Athfal Al-Firdaus Pamekasan antara lain adalah semangat dari guru, orang tua, dan anak didik. Adapun faktor penghambatnya adalah sifat lupa dari anak didik dan tidak bisa antri dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2015). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Baharuddin. (2009) Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Baqi, M. F. A. (1996). Mutiara Hadist yang disepakati Bukhari dan Muslim (Al-Lu’lu wal Marjan). Surabaya: Bina Ilmu.

Buna’I. (2008). Penelitian Kualitatif. Pamekasan: STAIN Press.

Fadillah, M. & Lilif M. K. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Hartati, Yuni Setya, Puteri Anggita Dewi, & Luluk Ifadah. (2021). Penanaman Karakter Asma’ul Husna Pada Anak Usia Dini di PAUD ELPIST Temanggung, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.3608.

Karimah ,Kiswatul & S. Sumihatul Ummah MS. (2020). Prophetic Parenting dalam Membentuk Akhlak Islami Anak Usia Dini pada Himpunan Wali Santri (HIWASI) RA Al Mansur Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 1. No 2. DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3686

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Majah, A. I. (2009). Sunan Ibn Majah. Lebanon: Darul Kotob Al-Ilmiyah.

Moleong, L. J. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mu’iz, F. (2018). Dikejar Rezeki dari Sedekah. Solo: Taqiya Publishing.

Mudlofir, A. (Maret 2011). “Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Etika Berkomunikasi dalam Al-Quran” Jurnal Islamica. Vol. 5 No. 2.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Munir, M. (2007). Ajaran Ajaran Ekonomi Rasululah. Malang: UIN-Malang Press.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an. Jakarta: Kencana.

Novrinda, N. K., & Yulidesni. (2017). “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan” Jurnal Potensia, Vol. 2, No.1.

Romli, A. C. (1996). Permasalahan Shalat Jum’at. Surabaya: Pustaka Progressif.

Saepudin, D. M. (Juni, 2017) “Iman dan Amal Saleh dalam al-Quran”. Jurnal Studi Al-Quran dan Tafsir. Vol. 2 No. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (Juni, 2019). "Penanaman Nilai Filantropi Islam Di Lembaga Pendidikan (Study Kasus SDI Surya Buana Kota Malang)" Journal Basic Of Education. Vol. 3. No. 2.

Suradi. (November, 2017). “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah”. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 2 No. 4.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-01-13