IMPLIKASI POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PGRI 1 CAMPLONG SAMPANG
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5738Keywords:
Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitiatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang, anak usia dini, kepala sekolah serta Guru TK. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data. Sedangkan teknik pengecekan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua berperan penting dalam mendidik atau mengasuh anak. Pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap anaknya di TK ini adalah: demokratis, orang tua yang berambisi, orang tua yang membandingkan anaknya dengan anak lain, dan orang tua yang otoriter. Implikasi pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini, meliputi: Cenderung tidak ramah dan pemalu, kurang pengendalian diri terhadap emosionalnya, kurang empati, sulit beradaptasi dengan orang lain, kurang percaya diri, dan penakut.
Downloads
References
Alzena, Masykouri., & Saputra Ilham, Membangun Sosial-Emosional Anak di Usia 2-4 tahun, Jakarta: Dirjen PAUDNI, 2011.
Berbecblub. Pola Asuh Anak Yang Salah Bagi Tumbuh Kembangnya, https:// berbecblub.com, Diakses tanggal 16 Agustus 2021.
BKK BN, Menjadi Orang Tua Hebat Dalam Mengasuh Anak Usia 0-6OTahun, 2013.
Handayani, Rani., “Karakteristik Pola-Pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga,” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 2, 2021.
Healing, Daniel, Glomen, Emotions Penyembuhan Emosi, Batam: Interaksara, 2002.
Jamiatul, Muliatul Maghfiroh, & Ria Astuti, “Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan,” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 1. No 1. 2020.
Moleong, j Lexy., Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Mulyani Hendri Edi. Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B di TK DWP kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, Jurnal PAUD Agrapedia, Vol.1 No. 2 Desember 2017, 219.
Nasrul, Erfansyah Fuad., Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Yogyakarta: Budi Utama, 2019.
Nuraini Yuliani, Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2009.
Patmonodwo dan Soemiarti. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rieneka Cipta, 2008.
Rahcmawati Yeni, Kurniati Euis. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Jakarta: Kencana,2012.
Ria, Eka Izzty., & Sidharto Surya, Pengembangan Kebiasaan Positif: Sosial Life Skill Untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
Saputra Ilham & Masykuri, Alzena, Membangun Sosial Emosional Anak di Usia 4-6 tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI, 2011.
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Susanto Ahmad, Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Tridinato, A.& Berada, A. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: Elex Media Komputando, 2014.












