Penggunaan Gadget dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7172Keywords:
Gadget, Pengasuhan, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan; menganalisis berbagai fitur gadget yang sebaiknya dikenalkan pada anak usia dini dalam menghadapi revolusi industri 4.0.; dan menganalisis cara mengatasi dampak negatif penggunaan Gadget pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada umumnya intensitas penggunaan gadget pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah Pamekasan adalah 10 menit sampai 2 jam perhari, diberikan pada saat orang tuanya melakukan pekerjaan di rumah atau pada saat akhir pekan. (2) Fitur gadget yang sebaiknya dikenalkan pada anak usia dini dalam menghadapi revolusi industri 4.0. di lembaga ini adalah game edukatif dan aplikasi youtube. (3) Cara mengatasi dampak negatif penggunaan gadget pada anak usia dini di RA Nurul Hikmah adalah (a) Kesepakatan anak dan orangtua dalam menggunakan gadget. (b) Orang tua memberikan fasilitasi buku digital dalam gadget yang digunakan anak. (c) Orang tua menghentikan koneksi internet pada gadget selama anak menggunakan gadget secara berlebihan. (d) Orang tua dan anak bersama-sama saling memahami dampak kesehatan dari penggunaan gadget. (e) Orang tua mengajak anak bermain di luar dan melakukan aktivitas yang menyenangkan yang dapat mengalihkan anak dari gadget. (f) Orang tua dapat memberikan anak mainan edukatif atau smart hafidz untuk mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget.
Downloads
References
Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Bronfenbrenner, U. (1994). Ecological Models of Human Development. International Encyclopedia of Education, 3(2), 37–43.
Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Penggunaan Gadget Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p126
Dong, C. (2016). Young children’s use of ICT in Shanghai preschools. Asia-Pacific Journal of Research In Early Childhood Education, 97–123.
Erfan Gazali. (2018). Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. OASIS?: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94–109.
Kirschner, P. A., & Bruyckere, P. De. (2017). The Myths of the Digital Native and the Multitasker. Teaching and Teacher Education, 67, 135–142.
Lauricella, A. R., Wartella, E., & Rideout, V. J. (2015). Young Children’s Screen Time: The Complex Role of Parent and Child Factors. Journal of Applied Developmental Psychology, 36(11–17). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.appdev.2014.12.001
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Nirwana, Mappapoleonro, A. M., & Chairunnisa. (2018). The Effect of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 85–90.
Nugroho, K. P. A., & Anggraheni, S. D. (2019). Persepsi Anak Usia Sekolah terhadap Kesehatan Diri dan Upaya PHBS di Kabupaten Boyolali. Media Ilmu Kesehatan, 6(3), 249–259. https://doi.org/10.30989/mik.v6i3.215
Oun, M. A., & Bach, C. (2014). Qualitative Research Method Summary. Jornal of Multidisciplinary Engineering and Science and Technology, 1(5).
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready: Holistic approach to the integration of existing production systems in Industry 4.0 environments. Production Engineering, 9(1), 143–148. https://doi.org/10.1007/s11740-014-0586-3
Widiawati. (2014). Pengaruh Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Universitas Budi Luhur.












