Main Article Content
Abstract
In addition to being a necessity, the phenomenon of online social media usage of the community has its own complexity in a community order. Facebook is one of the online social media that is on the platform initially intended for virtual social networking. The goal began to shift as the community needs and social media development itself. People have used it to achieve economic, social and even religious objectives. This research aims to know deeply the meaning behind the phenomenon disruption religious value on social media Facebook. The methods used in these study used qualitative methods. While the approach in this study used a thick description theory approach presented by Clifford Greetz. The results gained in this study were in-depth descriptions of the social dynamics of the community on Islamic ideology and political conflicts in Indonesia.
Keywords
Article Details
References
- Arief, Y. (2015). Komoditas Syariah di Layar Kaca, dalam Yovantra Arief & Wisnu Prasetyo Utomo, Orde Media: Kajian Televisi dan Media di Indonesia. Yogyakarta: INSISTPress.
- Bakhri, S., & Hidayatullah, A. (2019). Desakralisasi Simbol Politheisme dalam Silsilah Wayang: Sebuah Kajian Living Qur’an dan Dakwah Walisongo di Jawa. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 2(1), 13-30.
- Clifford, G. (1992). Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius Press.
- Fikri, H. K. (2018). Agama dalam Eksistensi Pemahaman Tradisionalis Masyarakat Indonesia: Upaya Membedah Agama Perspektif Tradisional Ekstrem dan Antisipasi Konflik Bermotif Agama. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1), 49-60.
- Fitria, F. (2013). Interpertasi Budaya Clifford Geetrz: Agama sebagai Sistem Budaya. Dalam Journal Sosiologi Reflektif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
- Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemnfaatan Berbagai Macam Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat. Dalam Paradigma, Vol. 19, No. 2, September 2017, 148.
- Jayadi, S. (2016). Beragama untuk Kemanusiaan dan Kebangsaan: Esai-esai Sosiologi Agama. Diandra Kreatif.
- Jayadi, S., Demartoto, A., & Kartono, D. T. (2017). Interaksi Sosial Umat Hindu dan Muslim dalam Upacara Keagamaan dan Tradisi Perang Topat di Lombok. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(2).
- Katadata, Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia", dalam https://databoks.katadata.co.id diakses pada 28 Maret 2019 pukul 14.12 WIB.
- Katadata. Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia?, dalam https://databoks.katadata.co.id diakses pada 28 Maret 2019 pukul 14.10 WIB.
- Latief, N. (2005). Teori dan Praktik Dakwah Islamiah. Jakarta: Firma Dara.
- Lufaefi, L. (2019). Jumping Conlusion Tafsir: Penyimpangan Ayat-Ayat Khilafah HTI dalam Kitab Daulah Islamiyyah. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 2(2), 139-150.
- Murfianti, F. (2012). Komodifikasi Dakwah Dalam Religiotainment di Stasiun Televisi Indonesia. Dalam Jurnal ISI-Volume 3 no. 1 Juni 2012.
- Nurudin. (2004). Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
- Pals. D. L. (2011). Seven Theories of Religion, (terj. Inyiak Ridwan Munir dan M. Syukri). Yogyakarta: Irchisod.
- Pendit, P. L. (2003). Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistimologi dan Metodologi. Bandung: Alfabeta.
- RI. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2011.
- Simon. (TT). Digital, Social & Mobile in APAC in 2015. Dalam www.wearesocial.net, diakses tanggal 20 Desember 2016, pukul 23.12.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Supradono , B. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Jurnal Bisnis dan Manajemen 7 , No.2,
- Zafrulkhan. (2012). Filsafat Umum: Sebuah Pendekatan Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
References
Arief, Y. (2015). Komoditas Syariah di Layar Kaca, dalam Yovantra Arief & Wisnu Prasetyo Utomo, Orde Media: Kajian Televisi dan Media di Indonesia. Yogyakarta: INSISTPress.
Bakhri, S., & Hidayatullah, A. (2019). Desakralisasi Simbol Politheisme dalam Silsilah Wayang: Sebuah Kajian Living Qur’an dan Dakwah Walisongo di Jawa. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 2(1), 13-30.
Clifford, G. (1992). Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius Press.
Fikri, H. K. (2018). Agama dalam Eksistensi Pemahaman Tradisionalis Masyarakat Indonesia: Upaya Membedah Agama Perspektif Tradisional Ekstrem dan Antisipasi Konflik Bermotif Agama. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 1(1), 49-60.
Fitria, F. (2013). Interpertasi Budaya Clifford Geetrz: Agama sebagai Sistem Budaya. Dalam Journal Sosiologi Reflektif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemnfaatan Berbagai Macam Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat. Dalam Paradigma, Vol. 19, No. 2, September 2017, 148.
Jayadi, S. (2016). Beragama untuk Kemanusiaan dan Kebangsaan: Esai-esai Sosiologi Agama. Diandra Kreatif.
Jayadi, S., Demartoto, A., & Kartono, D. T. (2017). Interaksi Sosial Umat Hindu dan Muslim dalam Upacara Keagamaan dan Tradisi Perang Topat di Lombok. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(2).
Katadata, Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia", dalam https://databoks.katadata.co.id diakses pada 28 Maret 2019 pukul 14.12 WIB.
Katadata. Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia?, dalam https://databoks.katadata.co.id diakses pada 28 Maret 2019 pukul 14.10 WIB.
Latief, N. (2005). Teori dan Praktik Dakwah Islamiah. Jakarta: Firma Dara.
Lufaefi, L. (2019). Jumping Conlusion Tafsir: Penyimpangan Ayat-Ayat Khilafah HTI dalam Kitab Daulah Islamiyyah. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 2(2), 139-150.
Murfianti, F. (2012). Komodifikasi Dakwah Dalam Religiotainment di Stasiun Televisi Indonesia. Dalam Jurnal ISI-Volume 3 no. 1 Juni 2012.
Nurudin. (2004). Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.
Pals. D. L. (2011). Seven Theories of Religion, (terj. Inyiak Ridwan Munir dan M. Syukri). Yogyakarta: Irchisod.
Pendit, P. L. (2003). Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistimologi dan Metodologi. Bandung: Alfabeta.
RI. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2011.
Simon. (TT). Digital, Social & Mobile in APAC in 2015. Dalam www.wearesocial.net, diakses tanggal 20 Desember 2016, pukul 23.12.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supradono , B. (2011). Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Jurnal Bisnis dan Manajemen 7 , No.2,
Zafrulkhan. (2012). Filsafat Umum: Sebuah Pendekatan Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.