Main Article Content

Abstract

This study aims to determine learning difficulties and the factors that cause it in the material particles that make up objects and living things in class IX students of MTs Al-Fathiyah. This research was a descriptive qualitative research. Methods of data collection by observation, documentation and interviews, as well as test questions as additional data collection. The data analysis technique used was data reduction, data display, verification. The results showed that the learning difficulties experienced by the class IX students of MTs Al-Fathiyah were difficulty in counting, difficulty in understanding concepts/terms and difficulty in identifying. Factors causing learning difficulties experienced by class IX students of MTs Al-Fathiyah were internal factors, including learning styles, learning readiness, interest in learning, and physical conditions, while external factors include the way teachers teach, reduced learning hours and environmental influences.


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup siswa kelas IX MTs Al-Fathiyah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, serta soal tes sebagai pengumpulan data tambahan. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, data display, verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa kelas IX MTs Al-Fathiyah pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup adalah kesulitan menghitung, kesulitan memahami konsep/istilah dan kesulitan mengidentifikasi. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas IX MTs Al-Fathiyah pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup adalah faktor internal seperti gaya belajar, kesiapan belajar, minat belajar, dan keadaan fisik, sedangkan faktor eksternal seperti cara guru mengajar, pengurangan jam belajar dan pengaruh lingkungan.

Keywords

Kesulitan Belajar Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Article Details

How to Cite
Fitrayanti, A., Hajaroh, S., & Mizriaty, A. (2021). IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI MTs. AL-FATHIYAH: IDENTIFICATION OF LEARNING DIFFICULTIES OF CLASS IX STUDENTS ON THE MATERIAL OF PARTICLES THAT MAKE UP OBJECTS AND LIVING THINGS IN MTs. AL-FATHIYAH KOPANG CENTRAL LOMBOK. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 3(2), 200–209. https://doi.org/10.20414/spin.v3i2.4215

References

  1. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3). 282-289.
  2. Apriandi, D. & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (2). 123-134.
  3. Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  4. Djamarah., S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  5. Habibah, B. M., Mulyani, S., Nia, N. I., Nugroho, P. (2020). Konsep Layanan Responsif bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling. 4(2). 305-322.
  6. Haris, M., & Idrus, S. W. Al. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Ikatan Kimia Ditinjau dari Kesalahan Konsep Siswa Kelas X SMAN 3 Mataram. Jurnal PIJAR MIPA. 6(2). 77-80.
  7. Hartono. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Materi Tekanan di Kelas VIII SMPN 4 Teupah Selatan. (Tesis), FTK UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
  8. Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum. 8(1). 21-46.
  9. Ikhsan & Bakhtiar, M. I. (2018). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalu Bimbingan Manajemen Diri Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Makasar. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 7 (1). 48-55.
  10. Mahrus, A. (2018). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 4 (2). 263-294.
  11. Mezia, A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah. (Tesis). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Pontianak.
  12. Muderawan, I. W., Wiratmma, I. G. L, & Nabila, M. Z. 2019. Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3 (1). 17-23.
  13. Nafisah, D. (2011). Identifikasi Kesulitan Belajar IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Ungaran. (Tesis). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.
  14. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta, PT Rineka Cipta.
  15. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  16. Syafrida, & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Covid-19-19 di Indonesia. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7(6). 495-508.
  17. Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., … Sholihah, M. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs. Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.