Peningkatan kompetensi profesional guru melalui metode pendampingan
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.1024Keywords:
curriculum 2013, teacher professionalism, learning toolsAbstract
[Bahasa]: Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: (1) guru memperoleh informasi yang memadai tentang kurikulum 2013; (2) guru menguasai teori dan praktik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran; (3) guru terampil dalam mengembangkan perangkat pembelajaran; (4) guru memiliki dokumen perangkat pembelajaran yang memadai untuk setiap mata pelajaran. Metode yang digunakan adalah penggalian permasalahan, menetapkan permasalahan, dan menyusun rancangan kegiatan pengabdian. Strategi yang digunakan adalah dua bentuk kegiatan yaitu workshop dan pendampingan. Hasil yang diperoleh adalah (1) guru memiliki informasi yang memadai dan meningkatnya pemahaman guru tentang kurikulum 2013 khususnya pemahaman konsep dalam mengembangkan perangkat pembelajaran; (2) guru-guru peserta telah memahami dalam mengembangkan perangkat (RPP) dengan model format RPP yang disepakati bersama sesuai dengan kurikulum 2013; (3) guru memiliki keterampilan yang cukup khususnya dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran; (4) guru-guru memiliki perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik untuk guru kelas, mata pelajaran agama, dan mata pelajaran umum. Hasil dari pendampingan ini diharapkan menjadi acuan bagi madrasah dalam melakukan tindak lanjut untuk mengembangkan perangkat lainnya seperti pengembangan media pembelajaran, bahan pembelajaran, instrumen penilaian dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Kata Kunci: kurikulum 2013; profesionalisme guru; perangkat pembelajaran
[English]: The purposes of this community engagement program are that teachers (1) get adequate information about Curriculum 2013; (2) have mastery of theory and practice in developing learning tools; (3) are skillful in developing learning tools; (4) have prepared learning tools for each subject. The methods used consisted of identifying the problem, determining the problem, and designing the program. The program was held in the form of workshop and mentoring. The results are that the teachers (1) have adequate information and increasing understanding of Curriculum 2013, specifically understanding in developing learning tools, (2) understand and are able to develop learning plans which meet the criteria of Curriculum 2013, (3) have sufficient skills in designing and developing learning tools, (4) have thematic learning plans for classroom teachers, religious subject, and general subjects. The results of this program are expected to be a reference for the schools to have follow-up programs which support the teachers in developing other learning tools such as learning media, learning materials, assessment instrument, and students’ worksheets.
Keywords: curriculum 2013; teacher professionalism; learning tools
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Gagne, R.M. (1985). The Condition of Learning Theory of Instrucion. New York: Rinehart.
Hayat, B, dkk. (2008). Assessment Berbasis Kelas. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Masyitah. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran PAI di MAN 2 Kandangan. Tarbiyah Islamiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, IAIN Antasari Banjarmasin. 4(7), 205-237.
Mon, Chiew, Chin, Mohd Hasani Dali, & Lim Chap Sam. (2016). Implementation of Lesson Study as an Innovative Professional Development Model Among Malaysian School Teachers. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13, 83-111
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Richey, Rita C, James D Klein, and Monica W. Tracey. (2011). The Instructional Design Knowledge Base. New York and London: Routledge.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukasni, Agnes & Hady Efendi (2017) The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda. International Journal of Education, 9(3), 183-189.
Suparman, M. Atwi. (2011). Desain Instruksional. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Pubisher
Wildan. (2018). Pengembangan Perwngkat Pembelajaran dari KBK sampai Kurikulum 2013. Panduan Alternatif bagi Guru dan Calon Guru dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian. Naramada Lombok Barat. Pustaka Lombok.